Cara Membuat CV di Microsoft Word yang Rapih dan Terstruktur

By Aullia Rachma Puteri, Sabtu, 26 November 2022 | 21:55 WIB
Cara membuat CV di Microsoft Word dengan mudah (Freepik)

Nakita.id - Cara membuat CV di Microsoft Word sangat mudah, Anda bisa membuatnya sendiri di rumah.

Anda harus punya modal Microsoft Word, terserah mau format 2010 atau yang terbaru sekalipun.

Selain itu harus punya koneksi internet untuk mengunggah template CV dari internet.

Pengertian CV

Daftar riwayat hidup atau CV (Curriculum Vitae) adalah dokumen yang memberi informasi tentang kualifikasi seorang pencari kerja.

Informasi yang disebutkan dalam sebuah daftar riwayat hidup mencakup data pribadi, latar belakang pendidikan, prestasi, keterampilan, pengalaman profesional, dan lain-lain. Diterjemahkan dari Bahasa Latin, pengertian CV adalah perjalanan hidup saya.

Karena ditujukan untuk melamar pekerjaan, isi CV harus memuat informasi yang mampu menggambarkan pengalaman profesional dan akademis kita.

Format CV

Isi CV harus menggambarkan prestasi akademis dan pengalaman profesional kita. Maka dari itu, yang wajib dicantumkan dalam CV adalah:

- Data diri seperti nama lengkap, tempat dan tanggal lahir, alamat, nomor telepon yang bisa dihubungi, alamat email

- Riwayat pendidikan yang mencakup almamater dan gelar

- Pengalaman kerja mencakup posisi yang pernah ditempati, durasi bekerja, deskripsi kerja, perusahaan tempat bekerja, sertakan pula pengalaman kegiatan organisasi, sukarelawan, maupun magang

- Keterampilan pendukung yang memuat keahlian dalam melaksanakan tugas dan pekerjaan.

Baca Juga: Penting Tahu Cara Membuat Microsoft Word Landscape, Ini Penjelasannya