Nakita.id - Cara membuat CV di Microsoft Word sangat mudah, Anda bisa membuatnya sendiri di rumah.
Anda harus punya modal Microsoft Word, terserah mau format 2010 atau yang terbaru sekalipun.
Selain itu harus punya koneksi internet untuk mengunggah template CV dari internet.
Daftar riwayat hidup atau CV (Curriculum Vitae) adalah dokumen yang memberi informasi tentang kualifikasi seorang pencari kerja.
Informasi yang disebutkan dalam sebuah daftar riwayat hidup mencakup data pribadi, latar belakang pendidikan, prestasi, keterampilan, pengalaman profesional, dan lain-lain. Diterjemahkan dari Bahasa Latin, pengertian CV adalah perjalanan hidup saya.
Karena ditujukan untuk melamar pekerjaan, isi CV harus memuat informasi yang mampu menggambarkan pengalaman profesional dan akademis kita.
Isi CV harus menggambarkan prestasi akademis dan pengalaman profesional kita. Maka dari itu, yang wajib dicantumkan dalam CV adalah:
- Data diri seperti nama lengkap, tempat dan tanggal lahir, alamat, nomor telepon yang bisa dihubungi, alamat email
- Riwayat pendidikan yang mencakup almamater dan gelar
- Pengalaman kerja mencakup posisi yang pernah ditempati, durasi bekerja, deskripsi kerja, perusahaan tempat bekerja, sertakan pula pengalaman kegiatan organisasi, sukarelawan, maupun magang
- Keterampilan pendukung yang memuat keahlian dalam melaksanakan tugas dan pekerjaan.
Baca Juga: Penting Tahu Cara Membuat Microsoft Word Landscape, Ini Penjelasannya
Poin-poin penting isi CV di atas dicantumkan secara kronologis.
Sertakan deskripsi atau penjelasan yang diperlukan pada setiap poin, sehingga perjalanan hidupmu tergambar lengkap dan jelas.
Jika ada, tuliskan pula pencapaian seperti kejuaraan kompetisi atau tambahan informasi lain yang dirasa perlu dicantumkan sebagai bagian dari isi CV.
Cara membuat CV di Microsoft Word sebenarnya sangatlah mudah.
Anda bisa menggunakan template CV yang tersedia atau mengunduhnya sendiri di berbagai situs internet kemudian mengeditnya.
Berikut merupakan langkah atau cara membuat CV di Microsoft Word dengan maupun tanpa template.
Sebagai informasi, Microsoft ternyata punya template CV Word bawaan di dalam sistemnya.
Jika Anda ingin mencoba membuat CV menggunakan template tersebut, ikuti cara di bawah ini.
- Buka dokumen baru di Microsoft Word.
- Bila Anda menggunakan Word 2007, klik Installed Template. Sementara untuk Word 2010 Anda bisa klik menu Sample Template. Apabila menggunakan Word 2011, klik New From Template. Sementara di Word 2013, Anda akan langsung menemukan template CV.
- Jika sudah, pilih Resume and Cover Letter dan cari template CV yang ingin Anda gunakan.
Baca Juga: Cara Membuat Daftar Isi Secara Otomatis dan Mudah di Microsoft Word
- Klik Create, maka template CV Word yang sudah Anda pilih akan muncul sebagai dokumen baru. Nah, Anda tinggal mengedit dengan memasukkan data-data dirimu.
Jika perpustakaan template CV di Microsoft Word kurang memuaskan, Anda bisa mengunduh template baru dari website resmi Microsoft atau situs-situs penyedia template CV Word lainnya.
Di bawah ini adalah contoh cara download di situs template CV resmi dari Microsoft:
- Pastikan laptop/PC Anda terkoneksi dengan internet.
- Klik menu file dan pilih submenu New.
- Anda akan menemukan kolom Search for online templates.
- Pada kolom tersebut, ketik CV atau resume. Anda juga bisa mengakses laman templates.office.com.
- Kemudian, klik Enter.
- Microsoft Word akan menampilkan berbagai pilihan template yang bisa Anda download secara gratis.
- Pilih salah satu yang Anda sukai, kemudian klik Create dan tunggu hingga proses download selesai.
- Jika sudah, template bisa digunakan dan Anda dapat mengedit teks sesuai yang Anda inginkan.
Baca Juga: Cara Membuat Grafik di Word Sangat Mudah , Ini Penjelasannya
Wapres Gibran Minta Sistem PPDB Zonasi Dihapuskan, Mendikdasmen Beri Jawaban 'Bulan Februari'
Penulis | : | Aullia Rachma Puteri |
Editor | : | Nita Febriani |
KOMENTAR