Tekan Angka Kasus Kanker Payudara di Indonesia, Lembaga Ini Luncurkan Buku Digital Panduan Navigasi Bagi Pasien Kanker Payudara

By Shannon Leonette, Selasa, 29 November 2022 | 16:32 WIB
Peluncuran buku digital berjudul 'Panduan Navigasi bagi Pasien Kanker Payudara' oleh CISC dilakukan pada Jumat siang (29/11/2022). (Dok. Press Release)

Nakita.id - Sampai saat ini, kanker masih menjadi penyakit penyebab kematian yang banyak di dunia.

Berdasarkan data Globocan 2020, jumlah kejadian baru kanker payudara di seluruh dunia mencapai 2.261.419 kasus, dengan jumlah kematian sebanyak 684.996 kasus.

Di Indonesia sendiri, jumlah kejadian baru kanker payudara mencapai sebanyak 65.858 kasus, dengan 22.430 kasus kematian.

Angka tersebut terbilang tinggi di Indonesia, sebab 70% kasus ditemukan pada stadium lanjut.

Bahkan, sampai saat ini, belum ada panduan navigasi bagi pasien kanker payudara untuk membantu dirinya sendiri dan keluarga selama menjalankan perawatan.

Berkaca dari kasus tersebut, tuntutan akan pengetahuan khusus mengenai penanganan kanker payudara sangat tinggi.

Sayangnya, sebagian besar pasien kanker payudara terlambat datang ke dokter ketika sudah stadium lanjut, sehingga semakin sulit penyembuhannya.

Atas dasar itulah, Cancer Information and Support Center Indonesia Association (CISC) meluncurkan buku digital berjudul 'Panduan Navigasi bagi Pasien Kanker Payudara'.

Buku ini merupakan panduan praktis dan informatif berisi navigasi yang dibutuhkan oleh pasien kanker, khususnya kanker payudara, dalam perjalanan maupun pengetahuan kontinuum perawatan kanker di Indonesia.

Peluncuran buku digital ini dilakukan pada Jumat siang (29/11/2022).

"Kami sangat apresiasi atas bantuan semua pihak, sehingga buku 'Panduan Navigasi bagi Pasien Kanker Payudara' dapat diluncurkan secara digital yang mudah diakses oleh siapa saja," kata Aryanthi Baramuli Putri, S.H, M.H selaku Ketua Umum CISC dalam acara peluncuran buku digital 'Panduan Navigasi bagi Pasien Kanker Payudara' pada Jumat (29/11/2022).

Baca Juga: Perbedaan Penyakit Kista Payudara dengan Kanker Payudara yang Wajib Diwaspadai