Ciri-ciri Hamil Janin Tidak Berkembang, Tetap Waspada dan Hati-hati Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya Moms

By Aullia Rachma Puteri, Sabtu, 3 Desember 2022 | 14:00 WIB
Ciri-ciri hamil janin tidak berkembang bisa dilihat tanpa USG jika Moms mengalami tanda ini (Tabloid Nakita)

Nakita.id - Takut sekali kalau janin tidak berkembang di dalam kandungan Moms, padahal ini adalah anak yang dinantikan.

Tak mau mengalami ciri-ciri hamil janin tidak berkembang kan Moms? Simak selengkapnya di sin.

Mulai dari ciri-cirinya, hingga cara mencegah janin tidak berkembang di rahim pun bisa Moms pelajari di sini. Kehamilan adalah momen yang sangat ditunggu-tunggu oleh semua pasangan suami istri, terlebih lagi bagi mereka yang sudah lama menikah.

Namun, hal paling sulit dalam kehamilan, merawat dan menjaga agar janin dapat tumbuh dan berkembang dengan baik. Lalu, bagaimana jika janin tak berkembang?

Ciri-ciri Hamil Janin Tidak Berkembang

Saat kehamilan, pentingnya Moms melakukan pemeriksaan ke dokter secara teratur untuk mengetahui perkembangan janin dari awal kehamilan hingga menjelang persalinan.

Hal itu juga berguna untuk mengetahui apakah janin berkembang atau tidak dan untuk menghindari risiko hilangnya denyut jantung.

Untuk mendeteksinya janin berkembang atau tidak dapat dilakukan melalui pemeriksaan menggunakan alat Ultrasonografi atau USG.

Karena itulah, sangat dianjurkan untuk melakukan pemeriksaan USG pada trimester kehamilan pertama hingga trimester akhir.

Akan tetapi, pada beberapa kasus jarang dijumpai janin tidak berkembang hingga usia empat atau lima bulan. Mengutip dari Baby Center, berikut tanda hamil janin tidak berkembang.

1. Tidak ada gerakan janin

Moms hamil tentu sering merasakan gerakan bayi, seperti bayi menendang dan lainnya.

Namun, meski janin tidak berkembang sering terjadi pada kehamilan di trimester awal, akan tetapi tidak menutup kemungkinan akan terjadi gerakan bayi pada kehamilan trimester ke dua dan ke tiga.

Baca Juga: Ketahui Ciri-ciri Hamil Menurut Adat Jawa yang Dipercaya Sampai Sekarang