Masuki Usia Kehamilan 9 Bulan, Kenali Bagaimana Perkembangan Janin dan Hal-hal yang Perlu Diwaspadai di Sini Selagi Menunggu Kelahiran Si Kecil

By Shannon Leonette, Sabtu, 10 Desember 2022 | 14:18 WIB
Bagaimana perkembangan janin pada usia kehamilan 9 bulan, juga hal-hal yang harus diwaspadai? Simak informasi selengkapnya di sini. (Pexels / Andre Furtado)

Nakita.id - Bagaimana perkembangan janin usia kehamilan 9 bulan?

Meski perut tampak membesar, banyak Moms yang tidak tahu persis bagaimana perkembangan janin usia kehamilan 9 bulan.

Sebab, perkembangan janin usia kehamilan 9 bulan tidak bisa dilihat secara langsung.

Apalagi, jika Moms baru pertama kali hamil seumur hidup.

Moms mungkin akan memiliki banyak kekhawatiran dan kecemasan menjelang persalinan nanti.

Akan tetapi, jangan khawatir dulu, karena Nakita akan menjabarkan perkembangan janin usia kehamilan 9 bulan, seperti dilansir dari Mom Junction.

Perkembangan Janin Usia Kehamilan 9 Bulan

Di usia kehamilan 9 bulan (33-36 minggu), ukuran tubuh janin dalam kandungan menyerupai dari satu buah nanas hingga menyerupai satu kepala selada romaine.

Untuk berat badannya berada di kisaran 1,9-2,6 kg, dengan panjang kepala sampai bokongnya berada di kisaran 43,7-47,4 cm.

Kemudian secara fisik, wujud utuh bayi sudah terbentuk dengan jelas dan hampir sempurna dari kepala hingga kaki.

Kulitnya halus dan merah muda dengan kuku yang tumbuh sampai ujung jari, disertai otot yang semakin kencang sehingga bayi bisa memutar serta mengangkat kepalanya.

Kepala mulai ditutupi dengan rambut, terbentuk daun telinga lunak dengan sedikit tulang rawan, lalu mata yang mulai berkedip (membuka dan menutup).

Baca Juga: Di Usia Kehamilan 9 Bulan Posisi Bayi Nathalie Holscher Masih Sungsang, Ini Beberapa Faktor Penyebab Bayi Sungsang