Pandemi Melandai, Minat Masyarakat untuk Staycation dan Berwisata Semakin Bertambah

By Nita Febriani, Rabu, 14 Desember 2022 | 10:00 WIB
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI, Dr. H. Sandiaga Salahuddin Uno, B.B.A., M.B.A. dalam Webinar Nasional “New Paradigm of Indonesia Tourism Industry Trend 2023” (dok.Tiket.com)

Nakita.id - Sektor pariwisata merupakan yang cukup terdampak sepanjang pandemi Covid-19.

Larangan keluar rumah apalagi berwisata di tengah pandemi membuat sektor pariwisata Indonesia sempat terhenti.

Meski begitu, pegiat pariwisata Indonesia tetap berjuang sekuat tenaga untuk menghidupkannya lagi.

Mengacu pada rangkuman data kolaborasi tiket.com bersama Pusdatin Kemenparekraf, tiga destinasi favorit masyarakat untuk bepergian dalam negeri masih didominasi dengan tujuan di Jakarta, Surabaya, dan Medan.

Jumlah outbound tourism Indonesia mengalami peningkatan dengan kenaikan pemesanan sebesar 81,8% dan jumlah pax 90,9%.

Tiket penerbangan domestik mengalami peningkatan dari tahun 2020 di mana menggambarkan bahwa perilaku konsumen cenderung stabil.

Menurut data BPS Mei 2021 - Mei 2022, Staycation semakin populer, membuat tingkat hunian kamar hotel berbintang mengalami peningkatan sebesar 49,85%.

Tren ini juga terefleksi dari data tiket.com, di mana vila dan apartemen pun semakin diminati seiring dengan maraknya tren staycation.

Baca Juga: Naik Bus Wisata TransJakarta Sambil Keliling Nikmati Keindahan Ibukota di Akhir Pekan, Tertarik?

Angka pemesanan meningkat dua kali lipat dari sebelum pandemi menjadi 204% dengan tiga kota yang menjadi tujuan favorit masyarakat untuk staycation yakni area: DKI Jakarta, Jawa Barat dan Jawa Timur.

Rata-rata booking dan jumlah pax dari setiap kategori yakni transportasi (termasuk penyewaan kendaraan), akomodasi, serta event baik secara daring maupun luring mengalami tren peningkatan dan persentase pembatalan mengalami penurunan.

Hal ini menunjukkan tingkat kepercayaan masyarakat untuk bepergian ataupun berwisata mulai pulih ke arah yang lebih positif.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI, Dr. H. Sandiaga Salahuddin Uno, B.B.A., M.B.A. dalam Webinar Nasional “New Paradigm of Indonesia Tourism Industry Trend 2023” pada Selasa (13/12/2022) mengatakan bahwa walaupun berada di dalam situasi menantang, terdapat beberapa peluang yang bisa dimanfaatkan demi kebangkitan pariwisata nasional.

Dalam sambutannya, Sandiaga Uno mengatakan “Apresiasi terbesar saya berikan kepada semua pihak yang terus berkolaborasi untuk bangkitnya pariwisata nusantara serta meningkatkan resiliensi industri yang sempat terhantam dengan keras saat pandemi.

Kemenparekraf RI dan tiket.com sempat berdiskusi terkait paradigma baru pariwisata, yang terdiri dari Wellness Tourism, Work from Destination, Culture Immersion serta Off-Grid Travel.”

Selain lahirnya paradigma baru di pariwisata, Sandiaga Uno juga mengungkapkan paradigma baru di ekonomi kreatif, yaitu Digital Acceleration, Local Before Global dan Metaverse-Era, serta pentingnya kolaborasi dalam membangkitkan industri.

“Kita terus menyokong program yang berbasis 3G yakni GERCEP yakni Bergerak Cepat, GEBER yakni Bergerak Bersama salah satunya dengan tiket.com, dan GASPOL yakni garap semua potensi untuk menciptakan lapangan kerja,” pungkas Sandiaga Uno. 

Optimisme terhadap pertumbuhan industri pariwisata Indonesia juga dikemukakan oleh Co-Founder & Chief Marketing Officer tiket.com, Gaery Undarsa.