BMKG Beri Peringatan Cuaca Ekstrem pada Sabtu 17 Desember 2022, Mana Saja?

By Aullia Rachma Puteri, Jumat, 16 Desember 2022 | 11:46 WIB
BMKG beri peringatan cuaca ekstrem pada Sabtu 17 Desember 2022 (Nakita/ Aullia)

Nakita.id - Akhir-akhir ini, BMKG (Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika) memang sering mengumumkan prediksi cuaca ekstrem.

BMKG beri peringatan cuaca ekstrem pada Sabtu 17 Desember 2022.

Pasalnya, BMKG beri peringatan cuaca ekstrem agar Moms dan Dads tidak mengalami hal mengerikan.

Moms yang akan melakukan kegiatan di luar rumah besok pastikan cuaca aman dulu. Karena, jika tidak bisa jadi beberapa masalah dapat terjadi, seperti sakit atau lain sebagainya.

Moms akan mengetahui wilayah mana saja yang akan mengalami cuaca ekstrem.

Bibit Siklon Tropis 98B terpantau di Samudera Hindia sebelah barat Aceh yang yang menginduksi daerah peningkatan kecepatan angin lebih dari 25 kt (low-level-jet) di sekitar selat Malaka bagian utara, serta membentuk daerah pertemuan dan perlambatan kecepatan angin (konvergensi) di Laut Andaman, Perairan Aceh bagian utara, dan di Sumatera Utara.

Potensi bibit siklon tropis untuk menjadi siklon tropis masih rendah dengan pergerakan ke arah barat hingga barat daya.

Bibit Siklon Tropis 98S juga terpantau berada di Samudera Hindia sebelah barat daya Bengkulu yang menginduksi daerah peningkatan kecepatan angin lebih dari 25 kt (low level jet) di sekitar Samudera Hindia sebelah barat daya Bengkulu.

Selain itu daerah ini juga membentuk daerah konvergensi yang memanjang dari pesisir Bengkulu hingga Banten.

Kondisi tersebut mampu meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan, kecepatan angin, dan ketinggian gelombang laut di sekitar wilayah bibit siklon tropis dan di sepanjang daerah low-level-jet/konvergensi tersebut.

Kemudian Sirkulasi Siklonik terpantau di perairan utara Kalimantan yang membentuk daerah konvergensi di Kalimantan Barat.

Baca Juga: Waspada Cuaca Ekstrem Pada Senin 12 Desember 2022, BMKG Langsung Beri Pengumuman, Wilayah Ini yang Bakal Menghadapinya