Catat Moms! Arti Mimpi Basah pada Anak Laki-laki Ternyata Tanda-tanda Pubertas

By Aullia Rachma Puteri, Minggu, 18 Desember 2022 | 14:30 WIB
Arti mimpi basah pada anak laki-laki yang tengah pubertas (Freepik.com)

Nakita.id - Apa arti mimpi basah pada anak laki-laki pubertas? Sebagai orangtua, Moms harus tahu hal itu daripada sang anak.

Karena, kita sebagai orangtua harus memberikan edukasi yang benar tentang masalah pubertas dan tandanya yang salah satunya adalah mimpi basah.

Arti Mimpi Basah Pada Anak Laki-laki Pubertas

Mimpi basah adalah kondisi dimana keluarnya air mani pada malam hari tanpa disengaja.

Maka dari itu, bisa dikatakan bahwa mimpi basah adalah kondisi saat seseorang mengalami ejakulasi saat tidur. Ejakulasi berarti mengeluarkan air mani (cairan yang mengandung sperma) dari penis.

Biasanya kondisi ini terjadi ketika seseorang bermimpi tentang seks atau sesuatu yang menaikkan hasratnya.

Kondisi ini sangat normal dan merupakan hal umum yang terjadi pada anak laki-laki berada di masa-masa perkembangan menuju usia remaja.

Jadi intinya, arti mimpi basah pada anak laki-laki pubertas adalah tanda bahwa anak laki-laki berubahn status menjadi remaja laki-laki.

Pada kondisi ini, anak tidak perlu bermasturbasi untuk mengalami ejakulasi. Namun, seringkali anak merasa bingung atau malu karena mengira ia telah mengompol.

Apalagi, jika hal ini terjadi pertama kali dalam hidupnya. Anak laki-laki mengalami pubertas lebih lambat dibandingkan anak perempuan, yaitu ketika berada di usia 10 hingga 15 tahun.

Umumnya, ia akan mengalami mimpi basah ketika sudah berada di usia 11 atau 12 tahun.

Sebagai orangtua, berikan pemahaman bahwa terjadinya ejakulasi ketika kondisi normal pada tubuh ini bukanlah hal yang memalukan.

Baca Juga: Inilah Tahapan Pubertas pada Anak Laki-laki yang Orangtua Harus Tahu