Dukung 1000 Hari Pertama Kehidupan Anak, Ketahui Ragam Vitamin dan Mineral yang Wajib Ibu Konsumsi

By Yussy Maulia, Rabu, 21 Desember 2022 | 19:49 WIB
Ibu hamil dan menyusui membutuhkan sejumlah vitamin dan mineral agar tubuh tetap prima. (Shutterstock)

Nakita.ID – Selama masa kehamilan dan menyusui, asupan nutrisi wajib menjadi perhatian khusus bagi Moms. Pasalnya, setiap nutrisi dari makanan yang dikonsumsi Moms tidak hanya bermanfaat bagi tubuh Moms, tetapi juga si kecil.

Bahkan, nutrisi yang Moms konsumsi akan menentukan perkembangan si kecil pada 1.000 hari pertama kehidupannya (HPK).  Seperti Moms ketahui, si kecil akan mengalami perkembangan fisik dan mental yang sangat pesat pada periode tersebut.

Jika kebutuhan nutrisi tidak tercukupi pada masa HPK, baik Moms maupun si kecil berisiko mengalami gangguan kesehatan. Saat hamil, misalnya, Moms rentan kekurangan sel darah merah (anemia) sehingga mudah lelah.

Kekurangan nutrisi selama kehamilan juga dapat menghambat perkembangan janin. Si kecil dapat dapat berisiko lahir dengan berat badan rendah, bahkan terancam stunting.

Baca Juga: Ketahui Ciri-Ciri Hamil 7 Bulan yang Sehat, Simak Moms!

Kemudian, menjaga kecukupan asupan nutrisi juga tetap perlu Moms lakukan setelah si kecil lahir. Tujuannya, agar kondisi tubuh Moms tetap prima dan kualitas air susu ibu (ASI) baik.

Kebutuhan nutrisi selama hamil dan menyusui sebenarnya tidak jauh berbeda dengan kebutuhan nutrisi pada umumnya. Moms tetap perlu mengonsumsi makanan dengan gizi seimbang, mulai dari karbohidrat, lemak, hingga protein.

Selain itu, ada beberapa vitamin dan mineral yang patut Moms perhatikan asupannya selama masa kehamilan dan menyusui. Apa saja? Yuk, simak penjelasan berikut!

  1. Asam folat

Asam folat adalah jenis vitamin B9 yang berfungsi untuk mendorong produksi sel darah merah. Oleh sebab itu, konsumsi vitamin ini dapat membantu mencegah salah satu penyakit yang kerap diderita ibu hamil, yakni anemia defisiensi besi.

Baca Juga: Tips Membangun Kepribadian dan Karakter Anak yang Bisa Dilakukan Ibu

Dilansir dari laman Kids Health, konsumsi asam folat juga dapat mendukung perkembangan otak dan saraf tulang belakang janin, serta mencegah risiko cacat lahir pada tabung saraf janin.

Asam folat dapat diperoleh pada beberapa sumber makanan, seperti sayuran berdaun hijau, jeruk, alpukat, dan kacang-kacangan.