Lebih dari 10 Wilayah Ini Diminta BMKG Waspada Cuaca Ekstrem pada Minggu 25 Desember 2022, Bertepatan dengan Hari Natal!

By Aullia Rachma Puteri, Minggu, 25 Desember 2022 | 07:28 WIB
BMKG beri peringatan cuaca ekstrem pada Minggu 25 Desember 2022 (Nakita.id/Aullia)

Nakita.id - BMKG beri peringatan cuaca ekstrem pada Minggu 25 Desember 2022, padahal saat ini umat Nasrani sedang merayakan Natal.

Dilansir laman resmi BMKG, daerah pertemuan dan perlambatan kecepatan angin (konvergensi) memanjang dari perairan sebelah barat Aceh hingga Selat Malaka, dari Bengkulu hingga Sumatera Barat, di Selat Karimata, dari Jawa Timur hingga Jawa Tengah, di NTT, di Pesisir Barat Kalimantan Barat, dari Kalimantan Selatan hingga Kalimantan Utara.

Selain itu, juga dari Sulawesi Tenggara hingga Sulawesi Tengah, di Laut Maluku, di Maluku Utara, di Maluku, di Laut Banda, dan dari Papua hingga Papua Barat serta daerah pertemuan angin (konfluensi) terpantau di perairan sebelah barat Aceh, Laut Sulawesi, Laut Flores, Laut Natuna dan di perairan sebelah timur Filipina.

Kondisi tersebut mampu meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di sepanjang daerah konvergensi/konfluensi tersebut.

Wilayah yang berpotensi hujan lebat disertai kilat/petir dan angin kencang:

- Sumatera Barat

- Bengkulu

- Jambi

- Sumatera Selatan

- Lampung

- Banten

Baca Juga: Cuaca Ekstrem Menjelang Nataru, Jumat 23 Desember 2022 Wilayah Indonesia Bagian Ini Diminta BMKG Waspada, Mana Saja?