Perawatan Bayi Setelah Imunisasi yang Penting Dilakukan, Jangan Sampai Terlewat

By Aullia Rachma Puteri, Minggu, 25 Desember 2022 | 15:26 WIB
Perawatan bayi setelah imunisasi (Nakita.id/Cynthia)

Nakita.id - Seorang ibu harus tahu perawatan bayi setelah imunisasi.

Karena imunisasi juga ada efek sampingnya, bahkan biasanya langsung kerasa efek sampingnya setelah beberapa jam pasca imunisasi. Si Kecil pasti akan rewel karena merasakannya.

Perawatan Bayi Setelah Imunisasi

Mengetahui perawatan bayi setelah imunisasi sangat penting Moms. Makanya Nakita merangkumkan hal yang boleh dilakukan dan tidak boleh dilakukan setelah bayi imunisasi.

Di sini Moms akan belajar cara menangani anak setelah melakukan imunisasi dengan benar. Ada panduan do and dont's nya, jadi jangan dilanggar, ya!

1. Hal yang Boleh Dilakukan

Melansir berbagai sumber, inilah hal-hal yang boleh dilakukan setelah bayi imunisasi. Moms bisa melakukannya sebagai perawatan bayi setelah imunisasi.

Dengan begini Moms bisa mencegah bayi rewel karena efek samping imunisasi.

- Berikan ASI

Jika bayi demam, jangan panik Moms. Itu adalah efek samping imunisasi.

Demam pada pada bayi yang masih mengonsumsi air susu Ibu biasanya akan lebih cepat turun apabila diberikan ASI dengan frekuensi yang lebih sering daripada biasanya.

Sebuah studi yang dipublikasikan dalam Jurnal Pediatrics menyatakan bahwa bayi yang lebih sering diberi ASI ketika demam lebih cepat membaik dibandingkan bayi yang tidak mendapatkan ASI.

Ini juga didukung oleh beberapa pendapat pakar yang menyatakan bahwa ASI mengandung anti radang yang akan bekerja aktif ketika bayi terserang demam.

Baca Juga: Ini Dia Daftar Imunisasi yang Tersedia di Posyandu