Cegah Lemak Perut Sehabis Melahirkan dengan Probiotik

By Dini, Rabu, 30 Maret 2016 | 23:30 WIB
Cegah Lemak Perut Sehabis Melahirkan dengan Probiotik (Dini)

Tabloid-Nakita.com - Salah satu hal yang dikhawatirkan ibu hamil adalah kelebihan berat badan setelah melahirkan. Berapa banyak kenaikan berat badan yang terjadi? Bisakah kembali langsing seperti sebelum hamil? Bagaimana cara menurunkan berat badan?

Meskipun memang sewajarnya sehabis melahirkan Mama menjadi lebih gemuk, sebetulnya ada cara mudah untuk mencegah penebalan lemak di perut. Meskipun tidak menguruskan tetapi bentuk perut yang proporsional terasa lebih nyaman. Caranya yaitu, mengonsumsi probiotik atau bakteri baik.

Baca: 5 Tanda Mama Menyimpan Lemak Perut

Penelitian teranyar terhadap manfaat probiotik selama kehamilan dilakukan oleh Kirsi Laitinen, seorang ahli gizi dan dosen senior di University of Turku, Finlandia pada 2009. Disebutkan, ibu hamil yang mengonsumsi suplemen probiotik pada trimester pertama dapat membantu mengurangi risiko konsentrasi central obesity (lemak pada perut) setelah melahirkan.

Obesitas sentral didefinisikan sebagai indeks massa tubuh (IMT) 30 atau lebih. Bisa juga dengan menggunakan pengukuran lingkar pinggang lebih besar dari 80 cm. “Ini adalah studi pertama yang menunjukkan bahwa diet suplemen probiotik selama kehamilan dan juga menyusui memengaruhi kegemukan wanita selama 12 bulan setelah melahirkan,” ungkap Laitinen.

Baca: Efek Makanan Pedas untuk Ibu Hamil

Penelitian ini dilakukan terhadap 256 ibu hamil yang diberikan probiotik berupa kapsul atau pil. Ada yang disertai konsultasi atau pemantauan diet, ada juga yang tidak. Kapsul probiotik tersebut mengandung Lactobacillus dan Bifidobacterium yang pemberiannya diteruskan hingga enam bulan pascamelahirkan atau sampai berhenti menyusui eksklusif.

Para ibu hamil tersebut dibagi ke dalam 3 kelompok. Kelompok pertama mengonsumsi kapsul probiotik serta mendapatkan pengarahan diet selama kehamilan. Kelompok kedua mendapat kapsul plasebo serta mendapatkan pengarahan diet selama kehamilan. Ketiga, kelompok yang yang hanya mendapatkan kapsul plasebo.

Baca: 6 Makanan yang Jadikan Kulit Bayi Putih dan Bersih

Lalu, bagaimana hasil riset tersebut? Setelah satu tahun melahirkan,  para ibu tersebut diperiksa kembali. Hasilnya,  hanya 25% kelompok pertama yang mengalami obesitas, dibanding dengan kelompok kedua (43%), dan kelompok ketiga (40%). Rata-rata lemak tubuh pada kelompok pertama (28%) juga lebih rendah daripada kelompok kedua (29%) dan kelompok ketiga (30%).

Disebutkan, penyebab kegemukan salah satunya adalah ketidakseimbangan antara bakteri patogen dan flora normal dalam usus.  Dengan adanya asupan probiotik selama kehamilan diharapkan pertumbuhannya dapat mengurangi keberadaan bakteri patogen dan menurunkan risiko obesitas pascamelahirkan.

Baca: 4 Gangguan Pencernaan Saat Hamil