Moms, Ini 6 Cara Menjaga Daya tahan Tubuh agar Tidak Mudah Sakit

By Nana Triana, Kamis, 12 Januari 2023 | 11:11 WIB
Ilustrasi seorang perempuan bangun tidur. (Dok. Shutterstock.com)

Nakita.ID – Musim penghujan dengan kondisi cuaca yang tidak menentu cenderung membuat tubuh lebih rentan terhadap gangguan kesehatan.

Ini karena tubuh dipaksa beradaptasi dengan suhu dan kelembapan udara yang berbeda dari sebelumnya. Selain itu, suhu udara dingin dan kelembapan udara tinggi dapat membuat bibit penyakit semakin mudah menyebar.

Oleh karena itu, menjaga daya tahan tubuh penting dilakukan untuk menjaga tubuh tetap dalam kondisi prima serta tidak mudah terserang penyakit. Berikut ini beberapa cara menjaga daya tahan tubuh agar tetap sehat.

1. Makan makanan bergizi

Langkah pertama yang perlu dilakukan agar daya tahan tubuh terjaga, yakni dengan mengkonsumsi makanan bergizi. Usahakan mengkonsumsi makanan yang mengandung vitamin C, zat besi, dan protein agar daya tahan tubuh terjaga.

Baca Juga: Anemia Bisa Picu Kulit Pucat hingga Kehamilan Prematur, Begini Cara Mencegahnya Untuk memenuhi kebutuhan gizi tersebut, dapat dari berbagai makanan, seperti jeruk, daging merah, telur, ikan, dan sayuran hijau. Moms juga perlu mengurangi asupan makanan yang mengandung lemak tinggi, pengawet, atau pemanis buatan.

2. Cukup minum

Minum air mineral merupakan salah satu cara untuk menjaga daya tahan tubuh saat musim pancaroba melanda. Pasalnya air mineral bisa mengedarkan oksigen ke seluruh bagian tubuh dan membantu mengeluarkan zat yang tidak dibutuhkan. Jika tubuh kekurangan cairan, organ tubuh tidak dapat bekerja dengan efektif, termasuk sistem kekebalan tubuh. Untuk itulah, mencukupi kebutuhan air sangat penting untuk menjaga kekebalan tubuh.

Meskipun demikian, ternyata kebutuhan air putih pada setiap orang berbeda-beda. Perbedaan tersebut dipengaruhi oleh usia, kondisi Kesehatan, dan aktivitas lainnya.

Baca Juga: 3 Inspirasi Menu Makan Murah Agar Anak Cerdas, Mudah dan Enggak Pakai Ribet!

Orang dewasa dianjurkan untuk mengonsumsi setidaknya delapan gelas berukuran 230 ml atau sekitar 2 liter per hari, sedangkan anak-anak minum air sekitar 7 gelas per hari.

3. Tidur yang cukup