Tanda-tanda Takut kepada Allah dan Hakikat Takut kepada Allah (Khauf), Materi Agama Islam Kelas X SMA Kurikulum Merdeka

By Aullia Rachma Puteri, Selasa, 17 Januari 2023 | 15:29 WIB
Tanda-tanda takut Allah dan hakikat Khauf, materi PAI kelas X Kurikulum Merdeka (Freepik.com)

Nakita.id - Peserta didik harus tahu hakikat takut kepada Allah atau biasa disebut khauf dan tanda-tanda takut kepada Allah SWT.

Bukan hanya sebagai pemahaman materi Agama Islam kelas X SMA dalam Kurikulum Merdeka, peserta didik memang harus memiliki jiwa taat kepada agama Islam juga.

Dengan mempelajari materi di bawah ini, peserta didik diharapkan bisa menerapkannya pada kehidupan sehari-hari.

Hakikat Takut Kepala Allah (Khauf)

Dari buku Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas X, ayat ini tegas menyerukan kepada manusia agar takut terhadap siksa Allah SWT.

Rasa takut kepada Allah mempunyai beberapa tingkatan. Tingkatan yang pertama dinamakan dengan khauf, yaitu rasa takut kepada Allah atas dasar iman.

Orang yang beriman pasti akan mempunyai rasa takut kepada Allah. Semakin mendalam iman, akan semakin mendalam rasa takut kepada Allah.

Tingkatan yang kedua dinamakan dengan khasyyah; khasay, ini adalah rasa takut kepada Allah atas dasar iman dan ilmu.

Semakin bertambah ilmu, maka orang tersebut akan semakin bertambah pula rasa takut kepada Allah.

Apabila ada orang yang bertambah ilmunya, tetapi tidak bertambah rasa takutnya kepada Allah, maka dia akan semakin jauh dari Allah.

Selanjutnya tingkatan yang ketiga dinamakan dengan haibah, yaitu rasa takut kepada Allah atas dasar iman, ilmu dan ma’rifah (mengenal) Allah. Semakin mengenal Allah, niscaya akan semakin kokoh rasa takut kepada-Nya.

Ada pula Al-huznu, yakni rasa sedih dan gelisah yang disebabkan oleh hilangnya sesuatu yang bermanfaat atau mendapatkan musibah.

Baca Juga: Pengertian Hukum Serta Jenis Hukuman Bagi Perbuatan Zina, Materi PAI Kelas X SMA Kurikulum Merdeka