Ini 4 Rahasia Keluarga Sehat dan Panjang Umur, Moms Wajib Tahu!

By Yussy Maulia, Kamis, 26 Januari 2023 | 10:26 WIB
Membersihkan rumah adalah salah satu cara untuk menjaga kesehatan keluarga. (Shutterstock)

Nakita.ID – Menerapkan gaya hidup sehat merupakan salah satu kunci untuk memperoleh kualitas hidup yang lebih baik. Bahkan, tahukah Moms bahwa ibu adalah role model bagi keluarga dalam penerapan gaya hidup sehat?

Riset yang dilakukan oleh para peneliti dari Harvard School of Public Health pada 2018 menunjukkan bahwa ibu yang menerapkan gaya hidup sehat dapat menurunkan risiko anak terserang penyakit hingga 75 persen.

Hal itu terjadi karena anak cenderung mengikuti gaya hidup yang diterapkan oleh ibunya. Oleh karena itu, Moms dapat menjadi inisiator gaya hidup sehat di rumah.

Untuk memulai gaya hidup sehat, mulailah dengan menerapkan kebiasaan-kebiasaan berikut. Ajak juga Dads untuk #BerperanSama dalam menerapkan gaya hidup sehat di rumah.

Baca Juga: Menjelang Hari Gizi Nasional, Ahli Gizi Sarankan Mulai Pola Hidup Sehat dengan Pemberian Nutrisi yang Cukup

  1. Konsumsi makanan dengan gizi seimbang

Menerapkan gaya hidup sehat dapat dimulai dengan memastikan anggota keluarga mengonsumsi makanan yang sehat. Tidak hanya higienis, makanan juga harus mengandung nutrisi seimbang, seperti karbohidrat, protein, vitamin, dan mineral.

Untuk si kecil, pastikan Moms memberikan susu sebagai sumber kalsium dan makanan yang mengandung vitamin D untuk membantu pembentukan tulang dan giginya.

  1. Aktif berolahraga

Gaya hidup sehat juga dapat dilakukan dengan rutin berolahraga. Agar tidak bosan, Moms dapat mengajak keluarga untuk melakukan olahraga yang berbeda setiap hari.

Selain itu, pilih jenis olahraga yang menyenangkan untuk dilakukan bersama-sama, misalnya jogging, renang, atau bermain badminton.

Baca Juga: Ingin Punya Berat Badan Ideal dan Tubuh Bugar? Yuk, Coba Tantangan Kesehatan 60 Hari Olahraga dan Masak Makanan Sehat, Begini Caranya

Dilansir dari laman National Health Services (NHS), berolahraga secara rutin dapat menjaga kesehatan fisik dan mental, meningkatkan kinerja otak, serta menguatkan fungsi otot, tulang, dan jantung.

  1. Cukupi kebutuhan tidur

Tidur cukup dapat membantu memelihara kesehatan tubuh. Oleh sebab itu, pastikan Moms dan anggota keluarga menerapkan jadwal tidur yang teratur.