Kunci Jawaban Kegiatan 7 Halaman 72 Nomor 2, Bahasa Indonesia SMA Kelas XI Kurikulum Merdeka

By Kirana Riyantika, Sabtu, 28 Januari 2023 | 08:00 WIB
Penjelasan lengkap kunci jawaban halaman 72 nomor 2 Kegiatan 3, Bahasa Indonesia SMA kelas XI kurikulum merdeka (Pixabay/NWimagesbySabrinaEickhoff)

Nakita.id - Di mata pelajaran Bahasa Indonesia SMA kelas XI kurikulum merdeka, peserta didik diminta memahami unsur intrinsik cerpen.

Unsur intrinsik cerpen diantaranya tema, tokoh, latar belakang, gaya bahasa, sudut pandang, dan sebagainya.

Kali ini, peserta didik diminta membaca cerpen berjudul 'Tukang Cukur' karya Budi Darma.

Pada soal nomor 2, peserta didik diminta menelaah unsur intrinsik cerpen tersebut.

Melansir buku Cerdas Cergas Berbahasa dan Bersastra Indonesia untuk SMA/SMK kelas XI, berikut ulasannya:

Jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini untuk menggali unsurunsur intrinsik yang ada dalam cerpen cerpen “Tukang Cukur” karyaBudi Darma.

a. Tema adalah gagasan utama suatu cerita. Tema dapat ditemukan dengan melihat pikiran­pikiran pokok dari cerpen tersebut. Sebutkan dan jelaskan tema utama dan tema tambahan dari cerpen “Tukang Cukur”!

Jawaban: Tema utama dari cerpen “Tukang Cukur” adalah tentang manusia yang oportunis karena dalam cerita tersebut tokoh Tukang Cukur selalu mengikuti kelompok yang sedang menang. Pertama, dia bergabung PKI kemudian mengkhianatinya karena PKI kalah melawan TNI (pasukanSiliwangi).

Kedua, dia bergabung dengan TNI (pasukan Siliwangi) walau kemudian TNI mengetahui keculasannya. Ketiga, dia bergabung dengan Belanda menjadi pasukan KNIL ketika Belanda berhasil menguasai Yogyakarta. Terakhir, dia menjadi pasukan NII dan mati terbunuh di bekas pabrik rokok.

Tema tambahan dari cerpen “Tukang Cukur” adalah penggambaran kemiskinan pada zaman itu. Hal ini seperti tokoh Gito yang makan seadanya dengan pakaian yang tidak pantas dipakai.

b. Tokoh utama adalah tokoh yang ditampilkan secara terus­ menerus atau paling sering diceritakan. Tokoh tambahan adalah tokoh yang dimunculkan sekali atau beberapa kali saja dalam sebuah cerita. Identifikasilah siapa yang menjadi tokoh utama dan siapa saja yang menjadi tokoh tambahan!

Baca Juga: Kunci Jawaban Kegiatan 3 Halaman 72 Bab 3 Bahasa Indonesia SMA kelas XI Kurikulum Merdeka