Kunci Jawaban Agama Islam Bagian Essay Halaman 261-262 Kelas X SMA Kurikulum Merdeka

By Aullia Rachma Puteri, Rabu, 1 Februari 2023 | 16:45 WIB
Kunci Jawaban Halaman 261-262 Agam Islam Kelas X Kurikulum Merdeka (Freepik)

Nakita.id - Ini adalah kunci jawaban agama Islam halaman 258-261 kelas X Kurikulum Merdeka pada materi Menerapkan al-Kulliyatu al-Khamsah dalam kehidupan sehari-hari.

Kunci jawaban ini sebagai referensi saja, tidak untuk dicontek oleh peserta didik.

Memahami materi menerapkan al-Kulliyatu al-Khamsah dalam kehidupan sehari-hari adalah dengan mengerjakan soal-soalnya.

Dengan begitu, peserta didik terbukti bisa menghafal dan menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari.

Selain itu, ini juga bagian dari latihan soal agar bisa mengerjakan ujian nantinya.

Kunci Jawaban Halaman 261-262 Agam Islam Kelas X Kurikulum Merdeka

Berikut ini adalah kunci jawaban uraian PAI kelas X SMA kurikulum merdeka halaman 261-262 Bab 9 tentang Al-Kulliyatu Al-Khamsah.

B. Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut ini dengan jawaban yang benar!

1. Perhatikan narasi berikut ini!

Tujuan disyariatkannya hukum Islam (maqashid al-syari’ah) adalah terwujudnya kemaslahatan kehidupan manusia, mewujudkan kebaikan, menghindarkan kesulitan, dan menolak mudarat. Jelaskan dampak negatif jika maqashid al-syari’ah tidak terwujud!

Jawaban:

Munculnya ketimpangan dalam hidup beragama, adanya kekacauan kehidupan sosial dalam masyarakat, dilanda rasa gelisah dan khawatir, hingga muncul ketidakadilan dan konflik sosial.

Baca Juga: Kunci Jawaban Agama Islam Pilihan Ganda Halaman 258-261 Kelas X SMA Kurikulum Merdeka

2. Aspek hukum yang terkait dengan muamalah dikembangkan oleh para mujtahid dan mengaitkannya dengan maqashid al-syariah. Prinsip-prinsip itulah yang dikenal dengan al-kulliyatu al-khamsah. Cara menjaga lima prinsip dasar hukum Islam dapat dilakukan dengan dua cara. Sebutkan dan jelaskan!

Jawaban:

Ada 2 cara, yaitu :

- min nahiyati al-wujud, yaitu dengan cara memelihara dan menjaga sesuatu yang dapat mempertahankan keberadaannya

- min nahiyati al-‘adam, yaitu dengan cara mencegah sesuatu yang menyebabkan ketiadaannya.

3. Urutan dan stratifikasi al-kulliyatu al-khamsah merupakan hasil ijtihad para ulama. Artinya urutan al-kulliyatu al-khamsah disusun berdasarkan pemahaman para mujtahid terhadap dalil Al-Qur`an dan hadis. Jelaskan urutan yang paling banyak disepakati oleh mayoritas ulama fikih maupun ushul fiqih!

Jawaban:

- al-din (agama)

- al-nafs (jiwa)

- al-‘aql (akal)

- al-nasl (keturunan)

Baca Juga: Pengertian al-Kulliyatul al-Khamsa dan Macam Jenisnya, Materi Agama Islam Kelas X Kurikulum Merdeka

- al-mal (harta)

4. Agama menjadi satu-satunya alasan Allah SWT menciptakan alam semesta beserta isinya. Agama juga merupakan inti sari kehidupan yang sedang berjalan di alam ini. Mengapa hifzhu al-din lebih diutamakan daripada lainnya?

Jawaban:

Karena sebagai kehidupan akhirat yang abadi, lebih utama dari kehidupan dunia yang hanya sesaat

5. Perhatikan firman Allah SWT dalam Q.S. al-Maidah/5: 32 berikut ini!

من أجل ذلك كتبنا على تبني استرابيل أنه من قتل نفسا بغير نفس أو فساد في الأزمين فكانما قتل الناس جميعاً ومن أحياها فكانما أحيا الناس جميعاً ولقد جاءتهم رسلنا بالبينت ثم إن كثيرا منهم بعد ذلك في الأرض لمسرفون

Jelaskan kaitan ayat tersebut dengan hifzhu al-nafs!

Jawaban:

Ayat di atas berisi tentang larangan membunuh atau menghilangkan nyawa orang lain.

Setelah menjaga agama (hifzhu al-din), kewajiban selanjutnya adalah menjaga jiwa (hifzhu al-nafs) atau keberlangsungan hidup manusia.

Islam memberi peringatan yang sangat tegas terhadap semua perbuatan yang dapat menyebabkan hilangnya nyawa seseorang.

Baca Juga: Kunci Jawaban Penilaian Pengetahuan Bagian Essay Agama Islam Halaman 235 Kelas X Kurikulum Merdeka