Intip Produk Terlaris di Tokopedia pada Awal 2023, Juga Tren Menarik di Tokopedia PLAY dan Tokopedia Affiliate

By Shannon Leonette, Rabu, 22 Februari 2023 | 15:45 WIB
Cari tahu di sini apa saja produk terlaris di Tokopedia awal tahun 2023, juga tren-tren menarik di dalamnya. (Dok. Press Release)

Nakita.id - Di awal 2023, kategori Fesyen, Kecantikan dan Perawatan Tubuh, Makanan dan Minuman, Ibu dan Anak, serta Rumah Tangga menjadi beberapa kategori terlaris di Tokopedia.

Hal ini berdasarkan data internal Tokopedia periode 1 Januari - 14 Februari 2023, yang disampaikan langsung oleh Ekhel Chandra Wijaya selaku Head of External Communications Tokopedia dalam rilis media hari Rabu (22/2/2023).

Demi mengakomodasi tingginya animo masyarakat terhadap berbagai kategori produk tersebut, Tokopedia terus menggelar kampanye.

Seperti 'Women in Style', 'Tokopedia Beauty', 'Tokopedia NYAM!', 'Tokopedia Parents', dan 'Home Living SALEbrations'.

Sejumlah kampanye ini telah terbukti berperan menciptakan tren perilaku konsumen di Tokopedia.

Tren dan Produk Terlaris di Tokopedia Awal 2023

Kategori 'Kecantikan dan Perawatan Tubuh' jadi salah satu kategori terpopuler di Tokopedia pada awal tahun 2023.

Untuk subkategori 'Fesyen Wanita', Ekhel mengungkap bahwa sandal, tas selempang, dan blus menjadi beberapa produk yang paling banyak diburu masyarakat.

"Sementara produk Fesyen Pria terlaris adalah kaos, kemeja dan kaos kaki," ungkapnya lagi.

Kemudian di kategori 'Kecantikan dan Perawatan Tubuh', produk yang paling laku adalah krim dan pembersih wajah, serum wajah, serta parfum.

Sedangkan, di kategori 'Makanan dan Minuman', produk-produk seperti keripik, kopi, serta buah-buahan menjadi yang paling diburu masyarakat.

Di sisi lain, pada kategori 'Ibu dan Anak', produk sabun dan sampo bayi, popok sekali pakai, serta krim dan pelembab bayi merupakan produk terpopuler di Tokopedia.

Baca Juga: Begini Cara Nyicil Emas di Tokopedia, Simak Manfaat dan Tata Caranya Berikut Ini!

Pada kategori 'Rumah Tangga', masyarakat paling banyak membeli pupuk, benih bibit tanaman, serta sprei dan bed cover.

"Selain mengadakan berbagai kampanye, Tokopedia terus memperkuat inisiatif berpendekatan Hyperlocal demi mendekatkan penjual dan pembeli di mana pun mereka berada, misalnya Kumpulan Toko Pilihan dan Dilayani Tokopedia," jelas Ekhel.

Keseruan menarik lainnya juga bisa didapatkan dari Tokopedia PLAY dengan kategori berbeda.

Sebagai informasi, Kumpulan Toko Pilihan (KTP) merupakan halaman kurasi produk dari penjual terdekat dari lokasi pembeli.

Misalnya, penjual kopi di Aceh bisa memasarkan produk ke masyarakat Aceh dan sekitarnya.

Sementara itu, Dilayani Tokopedia merupakan layanan pemenuhan pesanan yang memungkinkan penjual menitipkan produk di gudang pintar Tokopedia pada wilayah dengan permintaan tinggi.

Contohnya, pegiat usaha fesyen di Palembang bisa menitipkan produk di gudang pintar Dilayani Tokopedia Surabaya.

Hal ini bertujuan agar pembeli di wilayah Indonesia Timur bisa mengakses produk tersebut dengan lebih cepat dan ongkir lebih murah. Bahkan, bisa mencapai Rp 0.

Berkat inisiatif berpendekatan Hyperlocal tersebut, Tokopedia mencatat di awal 2023, pengiriman terjauh terjadi dari Medan ke Jayapura.

Inisiatif Hyperlocal juga turut mendorong peningkatan jumlah perempuan pembeli di Tokopedia paling tinggi di beberapa daerah.

Diantaranya Lombok Utara (Nusa Tenggara Timur), Gianyar (Bali), dan Musi Rawas Utara (Sumatra Selatan).

Baca Juga: Begini Cara Kredit di Tokopedia dengan Kredivo, Indodana, Home Credit, hingga BRI Ceria

Sementara itu, jumlah perempuan penjual di Tokopedia paling banyak meningkat di Manado (Sulawesi Utara), Tasikmalaya (Jawa Barat), dan Tanjung Pinang (Riau).

Relevansi Tokopedia PLAY dan Tokopedia Affiliate di Era Social Commerce

Tokopedia Affiliate juga menjadi tren awal tahun 2023 yang banyak digemari masyarakat Indonesia.

Tokopedia juga menghadirkan sederet inovasi yang sesuai dengan kebutuhan di era social commerce, dimana masyarakat cenderung mencari inspirasi atau hiburan sambil berbelanja atau sebaliknya.

Salah satunya adalah kanal streaming video Tokopedia Play.

"Kesehatan, Makanan dan Minuman, Kecantikan dan Perawatan Tubuh, Fesyen dan Rumah Tangga menjadi beberapa kategori paling laris di Tokopedia PLAY di awal tahun 2023," kata Ekhel.

"Salah satu pembelian tercepat terjadi dalam waktu 2 detik untuk produk sendok dan garpu," lanjutnya.

Ada pula Tokopedia Affiliate untuk mempermudah siapapun memperoleh komisi.

Caranya adalah dengan merekomendasikan jutaan produk atau toko di Tokopedia melalui media sosial.

Serta, memberikan nilai tambah pada strategi pemasaran para pegiat usaha.

"Jumlah pengguna aktif Tokopedia Affiliate pada Januari 2023 naik hampir 6 kali lipat dibandingkan dengan akhir bulan pertama Tokopedia Affiliate diluncurkan," ucap Ekhel.

"Kategori produk yang paling banyak direkomendasikan lewat Tokopedia Affiliate, yaitu Makanan dan Minuman, Rumah Tangga, Elektronik, Kesehatan serta Olahraga dan Hobi," tutupnya.

Baca Juga: Dapatkan Diskon 90 Persen Hingga Bebas Ongkir di Tokopedia Waktu Indonesia Belanja