Mengenal Lebih Dalam Tentang Aib, Macam-macam, dan Akibat yang Ditimbulkan dari Mencela Orang Lain, Materi Agama Islam Kurikulum Merdeka

By Aullia Rachma Puteri, Rabu, 22 Februari 2023 | 19:20 WIB
Mengenal aib , mulai dari pengertian, jenisnya, hingga akibat mencela orang lain (Freepik)

Nakita.id - Untuk mempermudah pelajar dalam memahami materi, berikut ini akan kami paparkan Rangkuman Materi PAI Kelas XI Kurikulum Merdeka Bab 2 tentang Bukti Beriman: Menutup Aib Orang Lain

Simak Rangkuman Materi PAI Kelas XI Kurikulum Merdeka Bab 2 tentang Bukti Beriman: Menutup Aib Orang Lain ini dengan seksama ya!

Langsung saja, inilah Rangkuman Materi PAI Kelas XI Kurikulum Merdeka Bab 2 tentang Bukti Beriman: Menutup Aib Orang Lain.

Pengertian Aib

Aib adalah keburukan yang bersifat rahasia.

Disebabkan sifatnya yang rahasia, biasanya hanya diketahui oleh orang yang bersangkutan, atau beberapa orang tertentu.

Seseorang yang dibuka aibnya akan merasakan malu dan hancur lebur martabatnya.

Maka dari itu, hendaklah kita menutupi aib kita maupun aib orang lain.

Begitu beratnya keburukan akibat aib yang dibuka, maka siapaun kita, jika mengetahui aib, maka hendaklah kita menutupi dan menyimpan rapat-rapat aib tersebut.

Kenapa begitu? karena jika kita sendiri mempunyai aib, tentu inginnya aib itu disimpan rapat-rapat dan enggan aib itu tersiar.

Macam-macam Aib

- Aib Dzahir, yaitu aib yang nampak dan dapt diketahui secara lahir. Misalnya cacat pada perdagangan, seperti buah-buahan yang busuk.

- Aib Tersembunyi, yaitu aib yang tidak nampak, karena disembunyikan dan tidak terlihat meskipun sudah diperhatikan betul-betul.

Baca Juga: Hukum dan Niat Bacaan Puasa Nazar, Dijalankan Bagi yang Mempunyai Janji