Kumpulan Contoh Soal SNBT 2023 Pengetahuan Umum Lengkap dengan Kunci Jawaban

By Syifa Amalia, Kamis, 23 Februari 2023 | 09:00 WIB
Pembahasan soal SNBT 2023 dengan materi pengetahuan umum, (Freepik)

Nakita.id – Supaya berhasil dalam ujian, berikut ini adalah kumpulan soal dan pembahasan SNBT 2023.

Seleksi Nasional Berbasis Tes (SNBT) merupakan salah satu jalur penerimaan calon mahasiswa yang banyak diikuti siswa untuk masuk perguruan tinggi.

Tes ini dilakukan dengan berdasarkan hasil Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK).

Di tahun ini, tes SNBT 2023 terdiri dari Tes Potensi Skolastik, Literasi Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris, serta Penalaran Matematika.

Misalnya pada Tes Potensi Skolastik (TPS) berfokus pada pengukuran kemampuan penalaran pemecahan masalah.

Salah satu kemampuan siswa yang akan diukur adalah Pengetahuan dan Pemahaman Umum.

Contoh Soal SBNBT 2023

Untuk menjawab soal nomor 1-3.

(1) Produksi sampah yang meningkat tanpa adanya penanganan lebih lanjut akan mengakibatkan permasalahan yang serius. (2) Permasalahan sampah berkaitan dengan masalah kebersihan, lingkungan yang rusak, dan masyarakat yang tidak disiplin sehingga seringkali menimbulkan konflik. (3) Salah satu bentuk kesalahan dalam mengelola sampah adalah penimbunan sampah yang semakin besar dan bertahan dengan waktu yang lama. 

(4) Permasalahan sampah disebabkan oleh lambatnya waktu dekomposisi dari timbunan sampah, khususnya sampah plastik. (5) Permasalahan sampah plastik dapat ditanggulangi dengan beberapa cara. (6) Satu di antaranya adalah dengan proses daur ulang sampah plastik. (7) Untuk dijadikan biji plastik yang bernilai ekonomi, sampah plastik diolah dengan cara yang sangat sederhana. (8) Nilai ekonomi sampah plastik di sebuah ibu kota provinsi pada tahun 2016 dapat mencapai lebih dari dua miliar rupiah. (Diadaptasi dari Jurnal Ilmu Lingkungan Tahun 2022)

1. Perumpamaan dalam bacaan tersebut terdapat pada kalimat ….

A. (1)

Baca Juga: Contoh Latihan Soal UTBK-SNBT 2023, Lengkap dengan Pembahasannya