Contoh Latihan Soal UTBK-SNBT 2023, Lengkap dengan Pembahasannya

By Syifa Amalia, Sabtu, 18 Februari 2023 | 08:55 WIB
Pembahasan jawaban soal UTBK-SNBT 2023. (Freepik.com)

Nakita.id – Penerimaan calon mahasiswa baru tidak lama lagi akan segera dibuka.

Terdapat banyak jalur masuk yang biasa diikuti, salah satunya adalah Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN).

Namun, pada tahun ini terdapat perubahan penamaan, yaitu UTBK-SBMPTN 2023 diganti menjadi UTBK-SNBT 2023.

Di tahun ini, tes SNBT terdiri dari Tes Potensi Skolastik, Literasi Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris, serta Penalaran Matematika.

Supaya dapat melaksanakan tes dengan baik, para calon mahasiswa perlu melakukan berlatih mengerjakan soal sebanyak mungkin.

Contoh Soal UTBK-SNBT 2023

Penalaran Matematika

Dalam suatu kelas terdapat 12 murid laki-laki dan 16 murid perempuan. Rata-rata nilai ulangan Matematika di kelas tersebut adalah 80. Setelah melihat hasil tersebut, guru Matematika memberikan kesempatan kepada 4 murid, dengan nilai masing-masing 52, 56, 62, dan 66, untuk melakukan remedial.

Diketahui bahwa nilai rata-rata peserta remedial naik 7 poin. Diberikan pernyataan berikut. Rata-rata nilai kelas tanpa memperhitungkan keempat murid yang mengikuti remedial adalah 83,5.

Sebelum remedial, rata-rata nilai ulangan murid yang mengikuti remedial adalah 60. Setelah remedial, rata-rata nilai ulangan seluruh murid menjadi 81. Jangkauan data nilai murid yang mengikuti remedial adalah 15.

Pernyataan di atas yang benar adalah ….

a. 1,2, dan 3

b. 1 dan 3

Baca Juga: Perubahan Aturan UTBK SNBT 2023 dan Cara Pendaftaran hingga Materi Tes