Kenali 5 Perbedaan Melahirkan di Bidan dan Dokter Kandungan Sebelum Proses Persalinan Yuk Moms

By Aullia Rachma Puteri, Minggu, 5 Maret 2023 | 11:00 WIB
perbedaan melahirkan di bidan dan dokter kandungan (Freepik)

Nakita.id - Masih bingung mau melahirkan di bidan atau di dokter kandungan?

Lebih baik simak penjelasan di bawah ini. Moms bisa mengetahui perbedaan melahirkan di bidan dan dokter kandungan.

Sebagian ibu hamil mungkin masih bingung dan belum memastikan apakah akan melahirkan dengan bantuan dokter kandungan atau bidan.

Sebelum menentukan pilihan tersebut, ada baiknya bila ibu hamil mencari tahu lebih dulu seputar peran dokter kandungan dan bidan saat proses persalinan.

Menentukan tempat dan tenaga kesehatan yang tepat untuk membantu Moms saat melahirkan nanti adalah hal penting yang perlu dipertimbangkan dengan matang.

Agar lebih mudah menentukannya, pahami lebih dahulu tugas dan pelayanan kesehatan apa saja yang bisa diberikan oleh bidan maupun dokter kandungan.

Selanjutnya, Moms bisa menentukan pilihan sesuai dengan rencana proses persalinan yang ingin dijalani dan tentunya kondisi kehamilan Moms.

Perbedaan Melahirkan di Bidan dan Dokter Kandungan

1. Proses Pendidikan

Bidan dan dokter kandungan memiliki kredensial dan latar pendidikan yang berbeda meskipun bidang khusus yang mereka pahami sama.

Perbedaan bidan dan dokter kandungan ini terletak pada pelatihan, persyaratan pendidikan, serta kredensial yan mereka tempuh.

Mengutip dari laman Health Partners, dokter kandungan adalah dokter medis yang khusus mempelajari dan menangani tentang kesehatan reproduksi wanita, perawatan kehamilan, dan proses kelahiran bayi.

Dokter kandungan sendiri biasanya memang khusus dilatih untuk melakukan operasi caesar (C-Section) bila diperlukan dalam proses kelahiran.

Baca Juga: Persiapan Sebelum Melahirkan di Bidan, Moms dan Dads Wajib Tahu