Kunci Jawaban Menelaah Ciri-ciri Paparan, Bahasa Indonesia SMA Kelas 11 Kurikulum Merdeka

By Kirana Riyantika, Minggu, 12 Maret 2023 | 10:00 WIB
Lengkap jawaban Kegiatan 2 Bab 6 Bahasa Indonesia SMA kelas XI kurikulum merdeka (Pixabay/StockSnap)

Nakita.id - Di mata pelajaran Bahasa Indonesia SMA kelas 11 ada materi mengenai karya ilmiah.

Selain memahami karya ilmiah, peserta didik juga perlu tahu cara menyusun hingga memaparkannya.

Kali ini, akan dibahas mengenai menelaah ciri-ciri paparan.

Berikut ulasan lengkapnya.

Kegiatan 2 Menelaah ciri-ciri paparan

Peserta didik diminta bekerja dalam kelompok bersama 3-4 orang untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan yang terkait paparan di atas.

1. Apakah format dan warna latar salindia terlihat sederhana? Jelaskan argumentasi kalian!

Jawaban: Warna latar salindia terlihat sederhana, ini bertujuan supaya pembaca tidak kesulitan dalam membaca dan mencerna informasi yang ada pada setiap salindia.

Namun, terdapat beberapa salindia yang kalimat di dalamnya tidak proporsional atau terlalu banyak.

Hal tersebut membuat pembaca tidak bisa fokus dan tidak rapi atau indah dilihat.

2. Bagaimana ukuran font yang digunakan dalam setiap salindia? Jelaskan alasan kalian!

Baca Juga: Rangkuman Bab 5 Mengenal Keberagaman Indonesia Lewat Pertunjukan Drama, Bahasa Indonesia SMA Kelas 11 Kurikulum Merdeka

Jawaban:

Ukuran font yang digunakan dalam setiap salindia sudah sesuai dengan kegunaannya masing-masing.

Contohnya, judul dan subjudul memiliki ukuran yang berbeda sehingga pembaca bisa membedakan.

Begitu juga isi dari setiap salindia menggunakan ukuran font yang lebih kecil agar dapat memuat seluruh paparan.

Jenis huruf yang dipilih juga merupakan huruf yang jelas, tidak berliku, dan mudah untuk dibaca.

3. Sebaiknya setiap salindia hanya fokus pada satu pesan. Menurut kalian, mengapa hal itu penting?

Jawaban:

Pentingnya fokus pada satu pesan di setiap salindia adalah agar pembaca dapat fokus dan memahami makna dengan benar.

4. Apakah kalian menemukan tabel atau grafik pada paparan? Apa keuntungan menggunakan tabel atau grafik pada sebagian paparan?

Jawaban:

Terdapat tabel atau grafik di setiap paparan tersebut.

Baca Juga: Ringkasan Bab 6 Berperan dalam Konservasi Alam Indonesia Lewat Karya Ilmiah, Bahasa Indonesia SMA Kelas 11 Kurikulum Merdeka

Hal tersebut bisa membantu pembaca untuk memahami informasi dengan jelas jika membacanya sendiri tanpa perlu dijelaskan secara panjang lebar.

5. Apakah kalian menemukan penggunaan foto pada paparan? Jelaskan mengapa foto digunakan sebagai bagian dari paparan?

Jawaban:

Terdapat gambar pada salindia paparan karya ilmiah tersebut.

Fungsinya adalah untuk memberikan visualisasi mengenai apa yang sedang dijabarkan.

Hal tersebut juga untuk menambah ketertarikan pembaca agar mata tidak jenuh karena terus menerus melihat tulisan atau teks.

Itulah dia pembahasan soal seputar menelaah ciri-ciri paparan karya ilmiah.

Harap pergunakan kunci jawaban ini secara bijak.

Bisa dijadikan pedoman orangtua dalam mendampingi anak belajar.

Arau digunakan sebagai acuan supaya peserta didik tahu sejauh mana pemahamannya mengenai ciri-ciri paparan.

Semoga bermanfaat!

Baca Juga: Cara Menyajikan Paparan Karya Ilmiah, Bahasa Indonesia SMA Kelas 11 Kurikulum Merdeka