Mengenal Diet Tinggi Protein, Efektifkah dalam Menurunkan Berat Badan

By Saeful Imam, Senin, 13 Maret 2023 | 15:55 WIB
Mengenal diet tinggi protein, benarkah efektif dalam menurunkan berat badan? (Freepik/jcomp)

Nakita.id - Kehilangan lemak berlebih dan mencapai berat badan ideal dan sehat dapat bermanfaat bagi kesehatan pria.

Misalnya, berat badan yang sehat dapat mengurangi risiko berbagai kondisi kesehatan, termasuk penyakit jantung, diabetes, kanker tertentu, dan penyakit hati.

Ini ada benarnya karena pria dengan obesitas memiliki risiko penyakit kronis yang lebih besar daripada wanita dengan obesitas karena pria cenderung memiliki lebih banyak lemak visceral, sejenis lemak perut yang dikaitkan dengan peningkatan risiko penyakit.

Menurunkan berat badan juga dapat membantu memperbaiki disfungsi seksual, mobilitas, gejala depresi, dan kualitas hidup pria secara keseluruhan.

Namun, menurunkan berat badan dengan cara yang benar sangat penting.

Meskipun diet dadakan yang ketat dapat menyebabkan penurunan berat badan jangka pendek, mereka tidak pernah menjadi pilihan yang tepat untuk penurunan berat badan jangka panjang.

Sebaliknya, Anda harus fokus untuk menemukan rencana yang sehat dan berkelanjutan yang menyehatkan tubuh Anda, memenuhi kebutuhan khusus Anda, dan dapat diikuti dalam jangka panjang — mungkin seumur hidup.

Penelitian menunjukkan bahwa strategi penurunan berat badan yang paling efektif untuk pria melibatkan modifikasi pola makan bersamaan dengan peningkatan aktivitas fisik dan perubahan perilaku lainnya - bukan diet saja.

Diet tinggi protein

Peningkatan asupan protein telah terbukti meningkatkan penurunan berat badan yang sehat.

Protein adalah makronutrien yang paling mengenyangkan, artinya menambahkannya ke makanan dan kudapan, dapat membantu kita kenyang lebih lama.

Selain itu, banyak penelitian mengungkapkan bahwa diet protein tinggi lebih efektif untuk menurunkan berat badan daripada diet protein standar.

Baca Juga: Tak Perlu Langsung Obat, Ini Ramuan Tradisional Menurunkan Berat Badan Setelah Melahirkan