Hakikat Perlindungan dan Penegak Hukum yang Penting untuk Dilakukan, Materi PKN Kelas XII Kurikulum Merdeka

By Syifa Amalia, Sabtu, 18 Maret 2023 | 14:00 WIB
Rangkuman materi PKN kelas 12 tentang hakikat perlindungan dan penegakan hukum, (Pexels/Karolina Grabowska)

Nakita.id –   Simak materi selengkapnya mengenai hakikat perlindungan dan penegakan hukum.

Materi tersebut terdapat dalam pelajaran PKN kelas 12 kurikulum merdeka.

Coba bayangkan apa jadinya jika tidak ada aturan ataupun undang-undang di negara?

Ketika hukum tidak dipatuhi atau dilaksanakan, akan terjadi adalah kekacauan di semua bidang kehidupan.

Setiap orang akan berbuat seenaknya atau menghalalkan segala cara untuk mencapai tujuannya, sehingga keamanan, ketenteraman, dan ketertiban sulit terwujud.

Nah, supaya hal-hal yang dikemukakan tadi tidak terjadi, harus diupayakan dilakukannya proses perlindungan dan penegakan hukum. Lantas apa sebenarnya perlindungan hukum itu?

Hakikat Perlindungan dan Penegakan Hukum

- Menurut Andi Hamzah, perlindungan hukum dimaknai sebagai daya upaya yang dilakukan secara sadar oleh setiap orang maupun lembaga pemerintah dan swasta yang bertujuan mengusahakan pengamanan, penguasaan dan pemenuhan kesejahteraan hidup sesuai dengan hak-hak asasi yang ada.

Makna tersebut tidak terlepas dari fungsi hukum itu sendiri, yaitu untuk melindungi kepentingan manusia.

Dengan kata lain hukum memberikan perlindungan kepada manusia dalam memenuhi berbagai macam kepentingannya, dengan syarat manusia juga harus melindungi kepentingan orang lain.

- Simanjuntak mengartikan perlindungan hukum sebagai segala upaya pemerintah untuk menjamin adanya kepastian hukum serta memberi perlindungan kepada warganya agar hak-haknya sebagai seorang warga negara tidak dilanggar, dan bagi yang melanggarnya akan dapat dikenakan sanksi sesuai peraturan yang berlaku.

Dengan demikian, suatu perlindungan dapat dikatakan sebagai perlindungan hukum apabila mengandung unsur-unsur sebagai berikut.

Baca Juga: Upaya Pencegahan Pemerintah dalam Penanganan Kasus Pelanggaran Hak dan Kewajiban Warga Negara, Materi PKN Kelas XII Kurikulum Merdeka