Pengaruh Positif Iptek bagi Kehidupan Bermasyarakat, Berbangsa dan Bernegara, Materi PKN Kelas XII Kurikulum Merdeka

By Syifa Amalia, Kamis, 23 Maret 2023 | 20:45 WIB
Materi PKN kelas XII Kurikulum Merdeka tentang pengaruh positif iptek. (Freepik.com)

Nakita.id – Seiring waktu, teknologi yang dikembangkan oleh manusia terus mengalami kemajuan.

Pada abad ini, ditemukan beberapa alat yang sangat menunjang pada perkembangan dan kemajuan ilmu pengetahuan, seperti munculnya televisi, komputer, telepon dan sebagainya.

Selain itu, perkembangan teknologi transportasi juga semakin menunjukkan bahwa dunia ini tanpa batas.

Hal tersebut menunjukkan bahwa kemajuan iptek sedang dinikmati oleh seluruh masyarakat dunia, termasuk masyarakat Indonesia.

Kemajuan iptek tentunya memberikan pengaruh bagi kehidupan sebuah bangsa baik itu pengaruh positif maupun pengaruh negatif.

Berikut ini dipaparkan pengaruh positif dari kemajuan iptek dalam berbagai aspek kehidupan.

Yuk, disimak!

Pengaruh Positif Kemajuan Iptek bagi Kehidupan Bermasyarakat, Berbangsa dan Bernegara

a. Aspek Politik

Tidak dapat pungkiri bahwa kemajuan iptek telah berhasil menanamkan nilai-nilai dalam kehidupan politik bangsa Indonesia yang selama ini dianggap tabu.

Kemajuan iptek menjadikan nilai-nilai seperti keterbukaan, kebebasan dan demokrasi berpengaruh kuat terhadap pikiran maupun kemauan bangsa Indonesia.

Dengan adanya keterbukaan, dimungkinkan akan dapat mencegah praktik korupsi, kolusi, dan nepotisme sehingga dapat dicapai pemerintahan yang bersih dan berwibawa.

Dengan adanya pemerintahan yang demokratis, sangat dimungkinkan akan meningkatnya kualitas dan kuantitas partisipasi politik rakyat dalam penentuan kebijakan publik oleh pemerintah.

Baca Juga: Jenis-jenis Pelanggaran Hukum dan Sanksi Serta Norma Tegas yang Diterapkan Dalam Masyarakat, Materi PKN Kelas XII Kurikulum Merdeka