Pengaruh Negatif Iptek bagi Kehidupan Berbangsa dan Bernegara, Materi PKN Kelas XII Kurikulum Merdeka

By Syifa Amalia, Selasa, 4 April 2023 | 13:53 WIB
Materi PKN kelas XII Kurikulum Merdeka mengenai pengaruh negatif iptek bagi kehidupan berbangsa dan bernegara. (Pexels.com/Julia M Cameron)

Nakita.id – Selain mempunyai pengaruh yang positif, kemajuan iptek juga melahirkan pengaruh yang negatif bagi kehidupan

Seiring waktu, teknologi yang dikembangkan oleh manusia terus mengalami kemajuan.

Pada abad ini, ditemukan beberapa alat yang sangat menunjang pada perkembangan dan kemajuan ilmu pengetahuan, seperti munculnya televisi, komputer, telepon dan sebagainya.

Selain itu, perkembangan teknologi transportasi juga semakin menunjukkan bahwa dunia ini tanpa batas.

Hal tersebut menunjukkan bahwa kemajuan iptek sedang dinikmati oleh seluruh masyarakat dunia, termasuk masyarakat Indonesia.

Kemajuan iptek tentunya memberikan pengaruh bagi kehidupan sebuah bangsa baik itu pengaruh positif maupun pengaruh negatif.

Di antara pengaruh negatif tersebut, adalah sebagai berikut :

Pengaruh Negatif Iptek Bagi Kehidupan Berbangsa dan Bernegara

a. Aspek Politik

Kemajuan iptek melalui globalisasi untuk sementara telah mampu meyakinkan sebagian masyarakat Indonesia bahwa liberalisme dapat membawa manusia ke arah kemajuan dan kemakmuran.

Hal ini akan memengaruhi pikiran mereka untuk berpaling dari ideologi Pancasila dan mencari alternatif ideologi lain seperti halnya liberalisme.

Nilai-nilai yang dibawa iptek seperti keterbukaan, kebebasan dan demokratisasi tidak menutup kemungkinan akan disalahartikan oleh masyarakat Indonesia.

Pengaruh negatif lainnya dari kemajuan iptek yang mesti diwaspadai adalah munculnya gerakan-gerakan radikalisme dan terorisme.

Baca Juga: 3 Pendapat Para Pakar Tentang Negara Kesatuan, Materi PKN Kelas XII Kurikulum Merdeka