7 Manfaat Bawang Putih Bagi Kesehatan Tubuh, Sangat Berkhasiat!

By Shannon Leonette, Minggu, 7 Mei 2023 | 08:00 WIB
Jangan sampai Moms lewatkan beberapa manfaat bawang putih untuk kesehatan berikut ini. Yuk, sertakan dalam menu sehari-harinya mulai sekarang! (Freepik/Racool_Studio)

Nakita.idBawang putih sudah digunakan sebagai bahan makanan sekaligus rempah sejak ribuan tahun yang lalu yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan.

Hal ini dikarenakan bawang putih mengandung senyawa aktif yang berperan penting dalam menjaga kesehatan tubuh.

Berikut adalah beberapa manfaat bawang putih bagi kesehatan tubuh:

7 Manfaat Bawang Putih Bagi Kesehatan Tubuh

1. Menjaga Kesehatan Jantung

Bawang putih mengandung senyawa allicin yang dapat membantu menurunkan tekanan darah dan kolesterol dalam tubuh, sehingga dapat membantu menjaga kesehatan jantung.

Konsumsi bawang putih secara teratur juga dapat membantu mengurangi risiko terkena penyakit kardiovaskular seperti stroke dan serangan jantung.

2. Menjaga Kesehatan Saluran Pencernaan

Bawang putih mengandung senyawa sulfur yang dapat membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh dan meningkatkan kesehatan saluran pencernaan.

Konsumsi bawang putih secara teratur juga dapat membantu melindungi lambung dari kerusakan dan mencegah infeksi bakteri yang dapat menyebabkan gangguan pencernaan.

3. Menjaga Kesehatan Tulang

Bawang putih mengandung senyawa yang disebut dengan diallyl disulfide yang dapat membantu memperkuat tulang dan mencegah terjadinya osteoporosis.

Konsumsi bawang putih secara teratur juga dapat membantu meningkatkan penyerapan kalsium dalam tubuh.

4. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Bawang putih mengandung senyawa allicin dan senyawa sulfur lainnya yang dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Konsumsi bawang putih secara teratur dapat membantu melindungi tubuh dari infeksi dan penyakit.

Baca Juga: Kenali 5 Bahan Alami yang Berkhasiat untuk Wajah Sehat, Salah Satunya Ada Alpukat!