Ajak Generasi Muda Jadi Pembawa Perubahan bagi Masyarakat, Ashoka Memilih 14 Finalis Ashoka Young Changemaker 2023

By Shannon Leonette, Jumat, 5 Mei 2023 | 09:53 WIB
Sebanyak 14 anak muda Indonesia terpilih menjadi finalis Ashoka Young Changemaker 2023 pada Kamis kemarin (4/5/2023). Simak berita selengkapnya berikut ini. (Nakita.id/Shannon)

Nakita.id - Kamis (4/5/2023), sebanyak 14 anak muda usia 11-19 tahun dari 9 provinsi di Indonesia terpilih menjadi finalis Ashoka Young Changemaker 2023.

Para finalis Ashoka Young Changemaker 2023 ini terpilih melalui bagaimana inisiatif kreatif yang menjawab masalah-masalah sosial dari berbagai bidang bisa datang dan dikembangkan.

Mulai dari mencegah pernikahan dini, menyelamatkan lingkungan tempat mereka tinggal, menciptakan nilai baru yang tidak disadari sebelumnya, menggalakkan literasi termasuk bagi pemuda difabel, mengurangi kecanduan gawai, mencegah kekerasan berbasis gender, serta membantu rekan sebaya menemukan potensi diri mereka.

Upaya-upaya yang sudah dilakukan oleh para finalis Ashoka Young Changemaker 2023 ini telah menciptakan dampak yang dihargai.

Menariknya, dampak yang diciptakan pun tak hanya di skala lokal, nasional, maupun internasional.

Sebagai informasi, pemilihan Ashoka Young Changemaker (AYC) merupakan bagian dari kerja Ashoka.

Tujuannya untuk membuka paradigma baru bahwa kemampuan menggerakkan perubahan merupakan kunci tumbuh kembang anak muda, yang memampukan mereka menghadapi tantangan jaman yang selalu berubah.

Para kandidat ini terpilih dari 164 pendaftar melalui seleksi bertahap yang melibatkan para pemuda pembaharu dan pemimpin Ashoka dari seluruh dunia.

Di panel final, para kandidat juga dilibatkan dengan tokoh-tokoh dari berbagai bidang, yakni:

- H.A. Syarif Munawi (Wakil Sekjen PB NU);

- H. Didik Suhardi, PhD (Ketua Majelis Pendidikan Nasional Muhammadiyah);

Baca Juga: Audiensi Grid Network dengan KPU, Fokus Pada Pentingnya Suara Perempuan dan Anak Muda Jelang Pemilu 2024