Ini Faktor Penyebab Hak Pendidikan di Indonesia Belum Tersebar Merata, Perwakilan Kemendikbudristek Beri Penjelasan

By Shannon Leonette, Senin, 22 Mei 2023 | 15:32 WIB
Perwakilan dari Kemendikbudristek ini telah menyampaikan apa faktor penyebab hak pendidikan di Indonesia belum tersebar secara merata. Simak artikel berikut ini ya, Moms dan Dads. (Nakita.id)

Nakita.id - Semua orangtua tentu sepakat bahwa pendidikan adalah salah hal terpenting bahkan wajib didapat untuk semua kalangan.

Khususnya sejak usia dini, sebab pendidikan menjadi salah satu faktor penting untuk kemajuan seorang anak di masa depan.

Bagaikan sebuah fondasi, pendidikan harus ditanamkan betul-betul pada anak dengan cara memahami sekaligus mendampingi dunia mereka.

Namun sayangnya, ternyata tidak semua anak memiliki hak mendapat pendidikan ini.

Ditambah, pendidikan di Indonesia dinilai masih belum merata sama sekali.

Lantas, apa saja faktor penyebabnya? Berikut penjelasan lengkap menurut Drs. Zulfikri Anas, M.Ed selaku Plt. Kepala Pusat Kurikulum dan Pembelajaran, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek).

Faktor Penyebab Hak Pendidikan di Indonesia Belum Merata

Zulfikri menyampaikan, bahwa salah satu penyebabnya bisa jadi terletak pada penetapan cara atau materi atau strategi pembelajaran.

"Pertama, kita menetapkan cara atau materi, atau strategi pembelajaran yang sama, yang seragam dari Sabang sampai Merauke. Tanpa melihat kondisi daerah masing-masing," kata Zulfikri saat diwawancarai eksklusif oleh Nakita, Senin (22/5/2023).

"Selama ini kan yang terjadi di dunia pendidikan itu, guru tidak merasa bersalah kalau seandainya dia tidak memberikan materi yang sama dengan cara yang sama, assesmen yang sama, metode yang sama, hingga sumber belajar yang sama untuk di seluruh wilayah," lanjutnya mengatakan.

Dirinya masih melanjutkan, cara seperti ini mungkin cocok untuk daerah tertentu saja di Indonesia.

Sementara, untuk daerah lainnya itu belum tentu bisa.

Baca Juga: Rutin Adakan Kegiatan Setiap Tahunnya, Ternyata Ini Alasan dari Sampoerna Academy