Kompas Gramedia Salurkan Bantuan Telur untuk Balita Stunting

By Nita Febriani, Jumat, 26 Mei 2023 | 10:12 WIB
Gerakan sosial 'Semesta Mencegah Stunting' yang dilaksanakan TribunJakarta.com (GridHealth/Nurul)

Nakita.id - TribunJakarta.com, bagian dari Tribun Network, meluncurkan gerakan sosial dan sosialisasi bertajuk 'Semesta Mencegah Stunting' di Kelurahan Gelora, Tanah Abang, Jakarta Pusat, pada Kamis (25/5/2023) siang.

Acara tersebut hasil kolaborasi Tribun Network dengan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) dan didukung oleh Kompas Gramedia, PT Perusahaan Gas Negara (PGN) Tbk, Rotary Club Jakarta 3410.

Stunting merupakan kondisi akibat kekurangan gizi pada bayi khususnya di seribu hari pertama kehidupan. Kondisi ini, menyebabkan terhambatnya tumbuh kembang anak yang ditandai dengan tinggi badan  di bawah rata-rata dari standar balita seusianya.

Manager Business TribunJakarta.com, Muhammad Taufiq Zuhdi mengatakan, acara ini merupakan bentuk kontribusi Tribun Network untuk mendukung upaya pemerintah dalam menurunkan angka stunting di Indonesia.

Terlebih, Presiden Joko Widodo telah menargetkan jumlah angka gagal tumbuh atau stunting di indonesia turun menjadi di bawah 14 persen pada 2024 mendatang.

"Jadi ini adalah rangkaian kegiatan kami. Tribun ingin mendukung, berkontribusi kepada Pemerintah yang menaargetkan angka stunting turun menjadi di bawah 14 persen pada 2024," kata Taufik di lokasi, Kamis (25/5/2023).

Taufik menerangkan, masalah stunting masih menjadi perhatian bagi Pemerintah di Indonesia.  Dengan hadirnya acara ini diharapkan bisa membantu mencegah dan berkontribusi menurunkan angka stunting di wilayah Indonesia, khususnya di DKI Jakarta.

"Kita melakukan gerakan sosial ini dengan merangkul semua kalangan. Swasta sudah banyak yang menggerakan, kami juga media ga mau kalah membantu mencegah stunting," ujar dia.

Sementara itu, Kasi Kesejahteraan Kecamatan Tanah Abang, Setiyanto mengapresiasi terselenggaranya acara tersebut. Ia berharap hadirnya acara tersebut bisa membantu dalam menekan angka stunting di wilayah DKI Jakarta.

"Saya mewakili Pak Camat Tanah Abang, memberikan apresiasi kepada semua pihak atas terselenggaranya kegiatan ini. Ini adalah gerakan nyata pertama di Tanah Abang. Semoga menjadi manfaat bagi kita semua dan terutama warga Kelurahan Gelora," ujarnya.

Setiyanto menerangkan, kegiatan seperti ini seharusnya menjadi perhatian Bersama, untuk sama-sama peduli dalam menurunkan angka stunting di Indonesia.  

Baca Juga: Pentingnya Pemberian ASI Eksklusif dalam Mencegah Stunting, Sesuai Tujuan SDGs Tujuan 2030

"Ini menjadi tanggung jawab kita bersama. Ini memberikan motivasi kepada semua agar bisa ambil bagian dalam kegiatan sosial. Stunting juga jadi masalah di tanah air," pungkasnya.