Cara Praktis Mengukur Takaran Tinggi Air di Rice Cooker dengan Jari, Bikin Orang Asing Melongo

By David Togatorop, Selasa, 30 Mei 2023 | 09:57 WIB
Ketahui cara mengukur tinggi air di rice cooker dengan jari. (Bing)

Nakita.id - Mengukur takaran air atau tinggi air yang tepat saat memasak nasi dalam rice cooker merupakan kunci untuk mendapatkan hasil yang sempurna.

Namun, tidak semua Moms memiliki pengukur air yang presisi atau mungkin ingin mencoba cara yang lebih praktis.

Salah satu cara yang populer dan mudah dilakukan adalah dengan menggunakan jari sebagai acuan untuk mengukur takaran air atau tinggi  di rice cooker.

Bahkan cara yang dibilang tradisional ini bisa bikin orang asing melongo karena cara ini dikatakan lebih berhasil dibandingkan menggunakan gelas ukur atau pernak-pernik fancy lainnya.

Cara Mengukur Tinggi Air di Rice Cooker Pakai Jari

Berikut di bawah ini penjelasan secara detail tentang cara mengukur takaran air di rice cooker dengan jari, sehingga Moms dapat memasak nasi dengan lebih praktis dan mendapatkan hasil yang konsisten setiap kali.

1. Kenali Tingkat Ketinggian Nasi

Sebelum mulai menggunakan jari sebagai acuan untuk mengukur takaran air, penting untuk Moms mengenali tingkat ketinggian nasi dalam rice cooker.

Umumnya, saat Moms memasukkan nasi ke dalam panci rice cooker, tingkat ketinggian nasi akan mencapai sekitar 1 hingga 2 jari di bawah garis maksimum panci rice cooker.

Ini akan menjadi acuan awal untuk mengukur takaran air dengan jari.

2. Gunakan Jari Tengah atau Jari Manis

Pilih jari tengah atau jari manis sebagai referensi untuk mengukur takaran air. Pastikan jari Moms bersih sebelum menggunakan metode ini.

3. Teknik 1 Jari

Teknik pertama adalah dengan menggunakan 1 jari sebagai takaran air untuk setiap cangkir beras yang dimasukkan ke dalam rice cooker. Setelah Moms mencuci beras dan memasukkannya ke dalam panci rice cooker, tambahkan air hingga mencapai jari yang Moms pilih sebagai acuan.

Misalnya, jika Moms menggunakan jari tengah dan memasak 2 cangkir beras, tambahkan air hingga mencapai jari tengah di bawah garis maksimum panci rice cooker.

Baca Juga: Bukan Asal-asalan, Ini Tips Mencuci Beras di Wadah Rice Cooker Supaya Nasi Tak Cepat Basi