Strategi Supaya Pembeli Makin Banyak, Ini Cara Buat Media Promosi Penjualan di Shopee

By Diah Puspita Ningrum, Jumat, 16 Juni 2023 | 12:00 WIB
Cara membuat media promosi di Shopee (Dok. Nakita)

Nakita.id - Penting untuk para penjual online, ini cara buat media promosi penjualan di Shopee.

Dalam era digital yang serba terhubung ini, media promosi memiliki peran yang sangat penting dalam meningkatkan penjualan online.

Dengan menggabungkan kekuatan internet dan teknologi, media promosi memungkinkan bisnis untuk menjangkau target pasar yang lebih luas dan potensial.

Melalui platform media sosial, situs web, dan aplikasi mobile, bisnis dapat memperkenalkan produk mereka dengan cepat dan efektif kepada konsumen.

Media promosi juga dapat memberikan informasi yang relevan dan menarik tentang produk, menawarkan diskon dan penawaran khusus, serta mengundang partisipasi konsumen melalui konten interaktif.

Dengan demikian, media promosi berperan sebagai jembatan yang menghubungkan bisnis dengan pelanggan.

Selain itu, media promosi juga dapat menghasilkan peningkatan penjualan yang signifikan secara online.

Nah bagi Moms yang berjualan online di Shopee, berikut adalah cara membuat media promosinya seperti dilansir dari laman resmi Shopee.

Cara Buat Media Promosi Penjualan di Shopee

1. Log in ke Seller Centre.

2. Klik Iklan Shopee untuk mulai memasang iklan.

3. Klik + Buat Iklan Baru.

Baca Juga: Kenapa Shopee PayLater Tidak Bisa Digunakan? Ini Alasan dan Solusinya

4. Pilih jenis Iklan Pencarian untuk membuat Iklan Pencarian Produk.

5. Pilih Tipe Promosi Produk untuk membuat Iklan Pencarian Produk.

6. Tentukan Modal dan Periode yang akan diterapkan untuk masing-masing iklan.

- Modal adalah biaya maksimum yang perlu Moms bayar.

- Semua iklan akan berhenti saat modal habis.

- Moms dapat mengatur modal harian untuk biaya iklan per hari.

- Kalian juga dapat mengatur total modal untuk biaya iklan sepanjang durasi iklan.

- Untuk modal, Moms dapat memilih “Tanpa Batas” agar dapat terus berjalan sesuai saldo yang tersedia, atau “Tentukan Modal” agar kalian dapat menentukan modal untuk setiap iklan.

- Pastikan modal cukup untuk mendapatkan hasil yang diinginkan; iklan akan berhenti saat modal habis.

- Untuk periode, Moms dapat memilih “Tanpa Batas Waktu” agar iklan berjalan hingga modal habis, atau “Tetapkan Tanggal Mulai/Selesai” agar dapat menentukan tanggal mulai & berakhirnya iklan.

7. Pilih produk untuk diiklankan, kemudian klik Konfirmasi.

Baca Juga: Anti Ribet, Cara Menaikkan Limit Shopee Paylater 2023 dengan Mudah

8. Atur kata pencarian sesuai dengan produk. Terdapat 2 tipe pengaturan kata pencarian:

a. Otomatis

Sistem Shopee akan mengatur kata pencarian untuk Moms.

Aktifkan tombol Pilih Otomatis untuk mengaktifkan pengaturan ini.

Gunakan tipe ini jika kalian ingin mengatur dan mengelola iklan dengan upaya minimal, atau jika tidak yakin untuk memilih kata pencarian.

b. Manual

Penjual dapat mengatur kata pencarian sendiri sesuai keinginan.

Ikuti langkah berikut untuk mengaktifkan pengaturan ini:

- Klik + Tambah rekomendasi Kata Pencarian. Sistem akan otomatis menyediakan kata pencarian yang relevan dengan produk dan yang paling dicari dalam 30 hari terakhir.

- Jika Moms tidak ingin menambahkan kata pencarian yang direkomendasikan sistem, Moms dapat klik icon " untuk menghapusnya.

- Pilih kata pencarian, atur biaya-per-klik serta tipe pencocokan. Jika Moms ingin menambah kata pencarian lain, klik + Tambah Kata Pencarian.

Baca Juga: Jangan Sampai Keliru! Ini Cara Menghitung Bunga dan Besaran Denda Shopee PayLater Terbaru 2023

- Gunakan kolom pencarian untuk mencari kata pencarian yang diinginkan.

- Klik Tambah > untuk menambah kata pencarian baru. Lalu, tentukan kata pencarian dan ubah tipe pencocokan.

- Setelah selesai, klik Konfirmasi dan tambah Kata Pencarian.

Jika Anda ingin mengubah pengaturan iklan secara massal, centang kata pencarian dan klik Ubah Biaya Iklan Massal, Ubah Tipe Pencocokan Massal atau Hapus Massal. Lalu klik Aktifkan Iklan.