Kenali Sejarah Hari Bidan Nasional Serta Cara Memperingatinya

By Diah Puspita Ningrum, Kamis, 22 Juni 2023 | 16:30 WIB
Hari Bidan Nasional sejarah dan cara memperingatinya (Freepik)

Nakita.id - Hari Bidan Nasional adalah momentum penting dalam menghargai peran dan kontribusi bidan dalam sistem kesehatan masyarakat.

Diperingati setiap tanggal 24 Juni di Indonesia, Hari Bidan Nasional merayakan keahlian, dedikasi, dan pelayanan bidan yang tak tergantikan dalam perawatan kesehatan ibu dan anak.

Bidan, sebagai garda terdepan dalam bidang kebidanan, memberikan perawatan medis dan nasihat yang esensial selama proses kehamilan, persalinan, dan masa nifas.

Mereka juga mendukung keluarga dalam memahami pentingnya perawatan kesehatan reproduksi dan memberikan layanan yang aman, manusiawi, dan berfokus pada kebutuhan individu.

Hari Bidan Nasional menjadi kesempatan untuk meningkatkan kesadaran publik tentang peran vital bidan dalam mencapai tujuan pembangunan kesehatan global.

Dalam memperingati hari ini, berbagai kegiatan diselenggarakan, termasuk seminar, lokakarya, dan kampanye kesadaran masyarakat.

Melalui peringatan Hari Bidan Nasional, diharapkan masyarakat dapat lebih menghargai upaya dan dedikasi bidan dalam menyediakan perawatan kesehatan yang berkualitas serta mempromosikan kesejahteraan ibu dan anak di Indonesia.

Sejarah Hari Bidan Nasional

Mengutip dari berbagai sumber, sejarah Hari Bidan Nasional diawali dengan terbentuknya organisasi Ikatan Bidan Indonesia di tahun 1951.

Ikatan Bidan Indonesia ini terbentuk melalui konferensi bidan senior di Jakarta.

Kemudian mereka meletakkan pondasi serta arah perjuangan bagi bidan selanjutnya.

Yakni dengan mendirikan Ikatan Bidan Indonesia.

Baca Juga: RUU Kesehatan Makin Ditolak dan Ada Ajakan Mogok Nasional, Begini Tanggapan Salah Satu Bidan