Simak Tema Hari Bidan Nasional 2023 Beserta Kilas Balik Sejarahnya

By Aullia Rachma Puteri, Sabtu, 24 Juni 2023 | 14:00 WIB
Sejarah Hari Bidan Nasional dan tema untuk tahun ini (Nakita/Adel)

Nakita.id - Buat Moms yang sudah melahirkan dibantu bidan, yuk ketahui kilas balik Hari Bidan Nasional.

Hari Bidan Nasional adalah momentum penting dalam menghargai peran dan kontribusi bidan dalam sistem kesehatan masyarakat.

Diperingati setiap tanggal 24 Juni di Indonesia, Hari Bidan Nasional merayakan keahlian, dedikasi, dan pelayanan bidan yang tak tergantikan dalam perawatan kesehatan ibu dan anak.

Bidan, sebagai garda terdepan dalam bidang kebidanan, memberikan perawatan medis dan nasihat yang esensial selama proses kehamilan, persalinan, dan masa nifas.

Mereka juga mendukung keluarga dalam memahami pentingnya perawatan kesehatan reproduksi dan memberikan layanan yang aman, manusiawi, dan berfokus pada kebutuhan individu.

Hari Bidan Nasional menjadi kesempatan untuk meningkatkan kesadaran publik tentang peran vital bidan dalam mencapai tujuan pembangunan kesehatan global.

Dalam memperingati hari ini, berbagai kegiatan diselenggarakan, termasuk seminar, lokakarya, dan kampanye kesadaran masyarakat.

Melalui peringatan Hari Bidan Nasional, diharapkan masyarakat dapat lebih menghargai upaya dan dedikasi bidan dalam menyediakan perawatan kesehatan yang berkualitas serta mempromosikan kesejahteraan ibu dan anak di Indonesia.

Hari Bidan Nasional berawal dari Konferensi Bidan Pertama di Jakarta pada 24 Juni 1951.

Merayakan Hari Bidan Nasional 2023 juga menjadi momen untuk memberikan rasa hormat dan terima kasih kepada setiap bidan yang telah berhasil membantu kelahiran bayi.

Sebab, bidan juga memiliki peran penting dalam setiap perjuangan seorang ibu untuk melahirkan buah hatinya.

Baca Juga: Diperingati Setiap 24 Juni, Ini Cara Merayakan Hari Bidan Nasional