Kenali Jenis Kondom Terbaik untuk Pria yang Menjalani Program KB

By Shannon Leonette, Selasa, 27 Juni 2023 | 16:43 WIB
Sebelum menjalani program KB, Dads perlu mengenal lebih lanjut terkait jenis kondom terbaik dan beberapa hal yang harus diperhatikan berikut ini. Catat sekarang ya, Dads. (Nakita.id)

 

Nakita.id - Hari Keluarga Nasional (Harganas) diperingati setiap tanggal 29 Juni, dan secara bersamaan gerakan Keluarga Berencana (KB) juga dijalankan.

Sampai saat ini, program KB masih menjadi ajang menyadarkan kembali masyarakat akan pentingnya membentuk keluarga yang sehat dan sejahtera.

Salah satu wujud program KB ini adalah penggunaan alat kontrasepsi yang sudah bisa digunakan saat mencapai usia subur dan sudah mendikah, Dads.

Untuk pria, pilihan kontrasepsi yang ada bisa dibilang cukup terbatas. Yakni, kondom dan vasektomi.

Kali ini, Nakita akan membahas lebih dalam mengenai kondom dan cara terbaik memilihnya menurut pakar.

Tanpa berlama-lama, simak artikel berikut ini.

Apa Kondom Terbaik untuk Pria yang Menjalani Program KB?

dr. Thesa Ananda Prima menyampaikan, kondom memiliki berbagai pilihan juga varian sesuai kondisi dan kebutuhan.

"Contohnya, ada kondom yang memiliki aroma dan juga rasa, ada kondom yang ada bintilnya, sehingga akan menambah sensasi berhubungan," sebut dr. Thesa dalam wawancara eksklusif bersama Nakita, Rabu (21/6/2023). 

"Terus ada kondom berpelumas khusus untuk durasi yang lebih lama, dan juga ada kondom dengan kandungan ekstrak manjakani yang akan memberikan manfaat juga untuk wanitanya," katanya menambahkan.

Uniknya, dr. Thesa menyampaikan bahwa kondom masih bisa digunakan bahkan ketika pihak pria mencapai lansia.

"Kalau untuk pria sebenarnya lebih stabil, jadi masih bisa membuahi bahkan sampai lansia," ungkap Medical Advisor DKT Indonesia ini.

Baca Juga: 4 Jenis KB yang Tidak Bikin Badan Gemuk dan Aman Digunakan, Salah Satunya Kondom