Waspada Jangan Sampai Tertipu! Ini Ciri-ciri Toko Online Palsu di Instagram

By Aullia Rachma Puteri, Kamis, 6 Juli 2023 | 15:14 WIB
Ciri-ciri Toko Online Palsu di Instagram (Freepik)

Nakita.id - Dalam era digital seperti saat ini, keberadaan toko online telah menjadi bagian penting dari pengalaman belanja.

Namun, di antara berbagai toko online yang tersedia di Instagram, kita harus berhati-hati untuk tidak jatuh ke dalam perangkap toko palsu yang hanya ingin merugikan konsumen.

Oleh karena itu, penting untuk mengenali ciri-ciri yang membedakan toko online asli dengan yang palsu.

Berikut ini adalah beberapa ciri-ciri yang dapat membantu Moms mengidentifikasi toko online palsu di Instagram:

Ciri-ciri Toko Online Palsu di Instagram

1. Harga produk tidak wajar

Jebakan harga murah atau promosi menarik yang tidak wajar merupakan ciri-ciri toko online palsu di Instagram yang paling mudah dilihat.

Modus ini biasanya dilakukan oleh oknum palsu agar Moms jadi lebih mudah tergiur dan tanpa pikir panjang membeli produk di toko online palsu tersebut.

Oknum palsu akan memanfaatkan pemikiran Moms yang merasa telah beruntung mendapatkan harga murah dibawah pasaran.

Alhasil, konsumen sudah terlanjur melakukan transaksi sebelum memeriksa keabsahan toko online tersebut.

2. Followers palsu

Jika faktor harga masih dirasa kurang membuktikan apakah sebuah toko online palsu, Moms perlu melihat followers toko onlinenya.

Baca Juga: Rekomendasi Susu Ibu Hamil dari Harga Rp19.000, Salah Satunya Bisa Bantu Moms Kurangi Mual

Untuk melancarkan aksinya, oknum palsu akan melakukan segala cara, termasuk membeli followers palsu untuk menarik perhatian korban.

Cara melihat apakah suatu toko online memiliki followers palsu adalah dengan mengecek jumlah komentar dan like di setiap unggahannya.

Jika sebuah toko online memiliki followers puluhan ribu namun jumlah likenya hanya belasan orang, Moms harus berhati-hati dengan toko online tersebut.

Selain itu, untuk mengetahui apakah followers di suatu toko online palsu, Moms juga bisa cek tanggal bergabung akun Instagram toko online tersebut.

Sangat mencurigakan apabila akun yang baru bergabung tetapi sudah memiliki banyak followers.

3. Kolom komentar dinonaktifkan

Ciri-ciri palsu toko online di Instagram yang berikutnya adalah kolom komentar unggahannya yang dinonaktifkan.

Alasan terbesar mengapa toko online menonaktifkan kolom komentar mereka adalah karena adanya komentar buruk yang ditulis oleh korban-korban sebelumnya.

Untuk menghindari kedoknya terbongkar, oknum palsu pun memilih untuk menonaktifkan kolom komentar di akun Instagram mereka.

Oleh karena itu, jika Moms melihat toko online di Instagram yang menonaktifkan kolom komentarnya, sebaiknya carilah toko online lain.

4. Testimoni dan rekening mencurigakan

Baca Juga: Tips Beli Tanaman via Online Agar Tidak Cepat Layu, Ketahui Dulu Proses Pengirimannya

Testimoni pembeli yang mencurigakan menjadi salah satu ciri-ciri palsu toko online di Instagram.

Testimoni palsu biasanya menggunakan bahasa yang berlebihan tanpa penjelasan pengalaman secara rinci.

Selain itu, foto dan kalimat testimoni yang tercantum terlihat tidak asing karena sama persis dengan yang termiliki toko lain.

Selain testimoni, rekening yang mencurigakan juga menjadi ciri palsuan lainnya. Moms perlu mengecek rekening yang digunakan penjual secara online melalui website-website yang menyediakan layanan ini.

Di website ini akan muncul laporan mengenai rekening tersebut, termasuk ada atau tidaknya laporan palsuan dari korban sebelumnya.

5. Feed tidak menarik

Ciri-ciri palsu toko online di Instagram yang terakhir adalah feed yang tidak menarik.

Para penjual yang memang serius mengelola tokonya tentu akan menampilkan feed terbaik mereka.

Dengan feed yang menarik, penjual berharap dapat menarik perhatian calon pembeli. Setidaknya untuk membuat pembeli tertarik mampir dan melihat-lihat produk di toko mereka.

Sebaliknya, oknum palsu justru tidak tertarik dengan estetika toko palsunya.

Biasanya, toko online yang benar-benar dikelola oleh pemiliknya akan memiliki foto profil, logo, dan feed yang dirancang dengan baik. Selain itu, kualitas foto produk yang diunggah pun sangat perhatikan.

Baca Juga: Rekomendasi Susu Formula untuk Bayi Bebas Laktosa Beserta Kisaran Harganya