Berbagai Penyebab Anak Masih Sering Ngompol, Salah Satunya Ternyata karena Riwayat Keluarga

By Diah Puspita Ningrum, Minggu, 16 Juli 2023 | 11:00 WIB
Penyebab anak masih sering ngompol (Freepik)

Nakita.idNgompol pada anak di atas usia yang dianggap wajar bisa menjadi sumber kekhawatiran dan frustrasi bagi orangtua.

Meskipun kebiasaan ini umum terjadi pada anak-anak, penting bagi kita untuk memahami beberapa faktor yang dapat menyebabkan anak masih sering ngompol dan mencari solusi yang tepat.

Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi beberapa penyebab yang mungkin dan memberikan saran tentang cara mengatasi masalah ngompol pada anak.

Penyebab Anak Masih Sering Ngompol

1. Kematangan Fisik dan Saraf

Salah satu penyebab utama anak masih sering ngompol adalah keterlambatan perkembangan fisik dan saraf yang berhubungan dengan kontrol kandung kemih.

Kandung kemih anak mungkin belum sepenuhnya matang atau anak belum belajar menahan dan mengendalikan rasa ingin buang air kecil dengan baik.

Faktor ini bisa mempengaruhi kemampuan anak untuk tetap kering saat tidur atau saat beraktivitas.

2. Genetik dan Riwayat Keluarga

Ada kemungkinan bahwa kecenderungan ngompol pada anak dapat memiliki faktor genetik.

Jika ada anggota keluarga yang mengalami masalah ngompol di masa kecil, ada peluang anak juga akan mengalaminya.

Riwayat keluarga dengan gangguan pengendalian kandung kemih, seperti enuresis, dapat mempengaruhi kecenderungan anak untuk ngompol.

3. Gangguan Medis

Beberapa gangguan medis tertentu, seperti infeksi saluran kemih, sembelit, diabetes, atau gangguan saraf, dapat menyebabkan anak mengalami masalah ngompol.

Jika anak sering ngompol dan ada tanda-tanda lain yang mencurigakan, penting untuk mengonsultasikan ke dokter agar mendapatkan diagnosis dan perawatan yang tepat.

Baca Juga: Sudah Besar Tapi Masih Ngompol, Ternyata Ini Penyebabnya