Heboh! Anak Meninggal karena Tersedak Permen

By Ipoel , Minggu, 1 November 2015 | 00:00 WIB
Heboh! Anak Meninggal karena Tersedak Permen (Ipoel )

Tabloid-Nakita.com - Media sosial Path dibuat heboh beberapa waktu lalu karena seorang anak meninggal karena mengonsumsi permen kenyal milik sang kakak. Pengguna path pun banyak yang merepath, sehingga berita ini langsung menyebar.

Ini gambarnya

Heboh! Anak Meninggal karena Tersedak Permen

Orangtua perlu waspada, ada banyak bahaya yang mengancam si kecil di rumah. Tidak hanya benda-benda kecil keras dan tajam seperti kancing, paku, kelereng, dan lainnya, tapi juga makanan kecil yang menjadi daya tarik sendiri bagi anak seperti permen. Bentuk permen sangat kecil, warnanya, mencolok, baunya khas, dan rasanya yang manis menjadi daya tarik tersendiri bagi anak untuk mengunyah dan megonsumsinya. Sayangnya, anak batita kadang asal main telan dan berharap permen tersebut langsung menuju lambung, padahal permen itu berisiko mampir di tenggorokan dan membuatnya tersedak. Bila tidak cepat diatasi, nyawa anak terancam karena mengalami gagal napas akibat saluran pernapasannya tersumbat.  

Dari ratusan ribu kasus anak tersedak ini, apa saja makanan yang paling sering jadi biang keladinya? Ini dia di antaranya:

1. Permen  (15%) Ini makanan penyebab anak nomor satu. Kejadiannya pun sangat banyak. Selama 2001-2009, lebih dari 16 ribu anak dilarikan ke unit gawat darurat karena tersedak permen. Karena alasan ini pula, asosiasi dokter anak di Amerika menyarankan agar anak-anak di bawah 5 tahun tidak diberi permen karet, permen luak, atau permen keras.

2. Tulang ikan/ayam (12%) Bahkan orang dewasa saja bisa tersedak tulang ikan atau tulang ayam, apalagi anak kecil yang belum bisa memisahkan sendiri tulang dari daging. Sebelum menyajikan daging kepada anak, cek lagi dan pastikan tidak ada tulang yang tertinggal.

3. Daging selain hotdog (12.2%) Hati-hati Mama, potongan daging juga dapat membahayakan. Sama seperti sayur, jika anak Anda belum bisa mengunyah dengan sempurna, sajikan daging dalam potongan kecil-kecil atau dihaluskan saja.

4. Sayuran (9.7%) Kemampuan fungsi makan anak masih terbatas. Jadi, agar lebih aman saat memberikan sayur, sajikan sayuran dalam bentuk potongan kecil. Mama juga bisa memblendernya agar sayuran itu mudah dikunyah dan ditelan anak.

5. Susu dan ASI (6.7%)Salah satu penyebab tersedak pada bayi adalah ASI, namun tentu ini bisa dihindari jika Anda berhati-hati dan mempelajari langkah-langkah pertolongan pertama pada bayi yang tersedak susu.

6. Biji-bijian, kacang-kacangan (6.5%) Kebanyakan anak yang tersedak kacang-kacangan adalah karena mereka memasukkannya ke dalam mulut terlalu banyak. Ada juga yang tersedak karena menelan kulit kacang. Selalu dampingi dan awasi anak Anda saat ia sedang makan kacang-kacangan.

7. Keripik dan popcorn (4.6%)Keripik dan popcorn bentuknya kecil sehingga mudah tertelan, dan sifatnya keras serta sulit dikunyah bagi anak-anak.