Cuaca Ekstrem Kamis 13 Juli 2023, BMKG Peringatkan Adanya Hujan Lebat dan Angin Kencang di Wilayah Ini

By Aullia Rachma Puteri, Kamis, 13 Juli 2023 | 07:00 WIB
BMKG beri peringatan cuaca ekstrem pada Kamis 13 Juli 2023 (Freepik.com)

Nakita.id - Ada peringatan dini cuaca ekstrem yang telah dirilis Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) untuk sejumlah wilayah, Kamis (13/7/2023).

Dilansir dari BMKG, bibit siklon tropis 95W terpantau berada di Laut Filipina timur Filipina, dengan kecepatan angin maksimum 15 knots, dan tekanan udara minimum 1010.6 hPa.

Potensi bibit 95W untuk tumbuh menjadi siklon tropis dalam 24 jam kedepan berada dalam kategori Rendah.

Sirkulasi Siklonik terpantau di Samudra Hindia Barat Bengkulu. Sirkulasi siklonik tersebut membentuk daerah pertemuan/perlambatan kecepatan angin (konvergensi) memanjang Perairan Barat Bengkulu.

Daerah konvergensi lain terpantau memanjang dari Perairan Barat Aceh hingga Aceh, dari Jawa Tengah hingga Jawa Barat, di Kalimantan Barat, dari Kalimantan TImur hingga Kalimantan Utara, dari Sulawesi Tenggara hingga Sulawesi Tengah.

Daerah konfluensi lain terpantau di Laut Cina Selatan, dan Samudra Pasifik Utara Papua. Kondisi tersebut mampu meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di sekitar wilayah bibit siklon tropis/sirkulasi siklonik dan di sepanjang daerah konvergensi/konfluensi tersebut.

Wilayah yang berpotensi hujan lebat disertai kilat/petir dan angin kencang

Aceh

Sumatera Utara

Sumatera Barat

Sumatera Selatan

Baca Juga: Potensi Cuaca Ekstrem Rabu 12 Juli 2023, Hujan Lebat dan Angin Kencang Bakal Terjadi di Indonesia Wilayah Ini