Nakita.id - Akun Shopee dibatasi menjadi salah satu masalah yang kerap dialami oleh sebagian pengguna.
Dalam dunia e-commerce, Shopee telah menjadi platform populer bagi jutaan pengguna untuk berbelanja online dengan mudah.
Namun, terkadang pengalaman belanja dapat terganggu ketika akun Shopee mengalami pembatasan.
Pembatasan akun adalah situasi yang membatasi pengguna untuk melakukan transaksi atau mengakses beberapa fitur tertentu dalam akun mereka.
Masalah ini bisa timbul karena beberapa alasan, termasuk aktivitas yang mencurigakan, pelanggaran kebijakan Shopee, atau masalah keamanan lainnya.
Pada intinya, pembatasan akun Shopee adalah hal yang perlu diwaspadai dan dipahami pengguna agar dapat menghindari situasi yang tidak menyenangkan.
Melansir dari laman Shopee Help Center, berikut ini adalah penjelasan mengenai penyebab akun Shopee dibatasi.
Yuk simak!
Penyebab Akun Shopee Dibatasi
1. Memiliki lebih dari 5 toko dengan data pribadi yang sama
2. Terdapat percobaan peretasan akun, sehingga akun dibatasi untuk alasan keamanan
3. Penyalahgunaan promosi, voucher, maupun Gratis Ongkir
Baca Juga: Tips Mengatasi Biaya Ongkir yang Mahal di Shopee Supaya Belanja Jadi Lebih Terjangkau
4. Penipuan dalam bentuk apapun
5. Penyalahgunaan akun Shopee (termasuk spam)
6. Pengunggahan produk duplikat
7. Pembuatan pesanan palsu
8. Penulisan informasi yang mengarahkan Pembeli untuk bertransaksi di luar Shopee
9. Pelanggaran fitur Chat Shopee
10. Tagihan SPayLater yang belum dilunasi
11. Melakukan pelanggaran atas Syarat Layanan, namun tidak terbatas pada menjual barang yang dilarang dan dibatasi oleh Shopee
12. Produk telah dihapus lebih dari 20 kali oleh Shopee
13. Pelanggaran Kebijakan Logo pada Profil Toko
14. Memasukkan Produk Digital dan Jasa ke dalam kategori dan sub-kategori yang tidak tepat
Baca Juga: Cocok Buat yang Kepepet Butuh Pinjaman Uang, Ini Cara Mengaktifkan SPinjam dari Shopee
Cara Mengajukan Peninjauan Akun Shopee yang Dibatasi
Kalian dapat mengajukan peninjauan kembali atau naik banding untuk memulihkan akun.
Caranya dengan mengisi formuliar pengajuan pengaktifan akun dengan lampiran dokumen sebagai berikut:
- Foto identitas yang sah (Contoh: KTP atau kartu pelajar)
- Fotokopi izin usaha (jika ada)
- Bukti pengiriman produk
- Bukti bahwa pernah memiliki produk tersebut (contoh: faktur supplier, resi, dll.)
- Informasi lengkap bisnis (Contoh: bagaimana menjalankan bisnis, apakah membuka bisnis di platform lain, ukuran tim bisnis, dll.)
- Mengisi Surat Pernyataan tidak akan meng-upload ulang produk dilarang dan dibatasi untuk diperjualbelikan di Shopee
- Mengisi Surat Pernyataan yang menyatakan bahwa Penjual tidak akan meng-upload, membuat produk baru, dan tidak mengubah produk yang melanggar aturan sesuai dengan Kebijakan Penjualan Hewan di Shopee
Nah, itu tadi adalah berbagai penyebab akun Shopee dibatasi dan cara mengatasinya.
Semoga bermanfaat!
Baca Juga: 3 Cara Mudah Top Up ShopeePay Lewat m-BCA, ATM BCA, dan Klik BCA