Dukung Transformasi Pendidikan, Belajaraya 2023 Kembali Diadakan dan Dorong Kolaborasi Lintas Sektor

By Shannon Leonette, Jumat, 28 Juli 2023 | 17:15 WIB
Tahun ini, Belajaraya 2023 kembali hadir sebagai upaya mendorong transformasi pendidikan melalui kolaborasi lintas sektor. Berikut berita selengkapnya. (Nakita.id/Shannon)

Nakita.id - Tahun ini, jaringan pendidikan Semua Murid Semua Guru (SMSG) kembali menggelar acara perjumpaan nasional tahunan bagi 969 penggerak pendidikan di Indonesia.

Dinamai Pesta Pendidikan sebelumnya, acara ini berganti nama menjadi Belajaraya 2023 di tahun keenam penyelenggaraanya.

Acara Belajaraya 2023 ini diselenggarakan secara offline di Pos Bloc, Jakarta Pusat pada Sabtu (29/7/2023), dengan 52 Kelas Belajar Tematik dan 3 sesi Ngobrol Publik yang bisa dihadiri secara paralel.

Uniknya, acara ini dirancang untuk menjadi ruang inovasi, kolaborasi, dan integrasi bagi berbagai Komunitas atau Organisasi Pendidikan (KOP) dalam menggerakkan perubahan pada ekosistem pendidikan di Indonesia.

Selain itu, perubahan nama acara ini menandai transformasi konsep acara yang dirancang lebih variatif, juga mendorong partisipasi publik melalui proses #KerjaBarengan.

Di Ngobrol Publik, akan ada beberapa tokoh Tanah Air yang hadir sebagai narasumber.

Diantaranya seperti Nadiem Makarim (Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi), Anies Baswedan (mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan), Quraish Shihab (mantan Menteri Agama), Maudy Ayunda (artis), dan lain-lain.

Selain itu, sebanyak 70 KOP juga akan mengisi Kelas Belajar sesuai dengan kepakarannya masing-masing.

"Kunci perubahan pendidikan adalah kolaborasi antar pemangku kepentingan dan keterlibatan publik yang makin efektif," tutur Najeela Shihab dalam Konferensi Pers Belajaraya 2023 'Ambil Peran dalam Pendidikan', Jumat (28/7/2023).

"Melalui Jaringan Semua Murid Semua Guru, kami mendukung berbagai inovasi yang dilakukan oleh ratusan Komunitas dan Organisasi Pendidikan agar semakin berdampak," ujar Najeela selaku pendidik dan inisiator gerakan Semua Murid Smeua Guru.

Najeela menjelaskan, jaringan Semua Murid Semua Guru mengintegrasikan langkah relawan berbagai profesi, penggerak di ekosistem demi perbaikan akses, serta kualitas dan kesetaraan pendidikan bagi semua dan setiap anak.

Baca Juga: Dukung Masa Depan yang Cerah, Tepatkah Memilih Asuransi Pendidikan untuk Menyekolahkan Anak? Ini Penjelasannya