Sadar Akan Pentingnya Kesehatan Mental, Sekolah Cikal Lakukan Program Ini untuk Para Peserta Didik dan Guru

By Shannon Leonette, Selasa, 1 Agustus 2023 | 14:38 WIB
Sekolah Cikal selalu menjaga kesehatan mental peserta didiknya. Kuncinya adalah balance (seimbang) antara satu hal dengan hal lain. (Pexels.com/Pavel Danilyuk)

Nakita.id - Setiap tahunnya, Hari Anak Nasional diperingati pada tanggal 23 Juli.

Hari Anak Nasional ini menjadi ajang penting untuk mengingat kembali harapan bangsa terhadap anak di masa depan, yakni generasi yang sehat, hebat, dan cerdas.

Oleh sebab itu, jangan heran apabila Hari Anak Nasional diperingati sebagai bentuk kepedulian seluruh masyarakat Indonesia atas keamanan, kesejahteraan, serta kebahagiaan kehidupan anak.

Dalam rangka menyambut Hari Anak Nasional, Nakita mengangkat topik tentang menjaga kesehatan mental anak dan remaja.

Selain di lingkungan keluarga, kesehatan mental juga bisa dibentuk di lingkungan sekolah melalui peran guru, teman sebaya, hingga staf-staf sekolah lainnya.

Lantas, apa saja peran sekolah untuk menjaga kesehatan mental peserta didiknya?

Yuk, simak penjelasan berikut ini!

Peran Sekolah Cikal dalam Menjaga Kesehatan Mental Peserta Didik

Menurut Tari Sandjojo, kesehatan mental itu bisa terbentuk dengan baik apabila suatu komunitas atau lingkungan secara kondusif membantu orang-orang di sekitarnya untuk bisa seimbang.

"Seimbang dalam hal apa saja? Banyak. Kalau dari secara fisik adalah, imbang antara physical activities dengan makanan sehat dan menu yang imbang," sebut Tari saat diwawancarai secara eksklusif oleh Nakita, Senin (31/7/2023).

"Kemudian juga, kegiatan-kegiatan yang memberikan kesempatan untuk anak untuk betul-betul bisa sadar diri. Kegiatan mindfulness gitu, ya. Dan kemudian, kegiatan-kegiatan yang membuat anak tuh bisa melihat dampak perilaku dengan lingkungan sekitar," tambahnya lagi.

Sebagai contoh adalah membuat tema-tema kegiatan yang memikirkan bumi atau lingkungan sekitar secara mendalam dan secara utuh.

Baca Juga: Peran Serta Guru di Sekolah dalam Menjaga Kesehatan Mental Para Siswa