Ciri-ciri Balita Sudah Siap Punya Adik, Selalu Suka Dekat Bayi Salah Satunya

By Aullia Rachma Puteri, Minggu, 13 Agustus 2023 | 16:00 WIB
ciri-ciri balita sudah siap punya adik ()

Nakita.id - Momen kelahiran seorang adik merupakan peristiwa penting dalam kehidupan keluarga.

Memutuskan kapan waktu yang tepat untuk memiliki adik bagi seorang balita (anak usia 1 hingga 3 tahun) adalah keputusan yang perlu dipertimbangkan dengan matang.

Ada beberapa tanda atau ciri-ciri yang dapat mengindikasikan bahwa seorang balita sudah siap memiliki adik.

Mengamati dan memahami tanda-tanda ini penting untuk memastikan bahwa peralihan ke status anak sulung akan berjalan sebaik mungkin.

Berikut adalah beberapa ciri-ciri yang dapat menunjukkan bahwa balita sudah siap punya adik:

1. Menunjukkan Minat pada Bayi

Balita yang siap punya adik seringkali menunjukkan minat yang besar pada bayi-bayi.

Mereka mungkin menunjukkan rasa penasaran, senang memperhatikan bayi-bayi di sekitar mereka, dan ingin berinteraksi dengan mereka.

Balita yang secara konsisten ingin bermain dengan boneka bayi atau berbicara tentang bayi bisa jadi sudah merasa nyaman dengan kehadiran bayi.

2. Kemampuan Berbicara dan Berkomunikasi

Balita yang sudah memiliki kemampuan berbicara dan berkomunikasi yang baik memiliki peluang lebih baik untuk mengungkapkan perasaan, keinginan, dan kekhawatiran mereka terkait dengan kelahiran adik.

Kemampuan berbicara ini memungkinkan mereka untuk lebih baik dalam mengungkapkan apa yang mereka rasakan dan memahami apa yang terjadi di sekitar mereka.

3. Toleransi terhadap Perubahan

Kemampuan balita untuk mengatasi perubahan dalam rutinitas dan lingkungan sehari-hari adalah tanda penting bahwa mereka mungkin siap punya adik.

Baca Juga: BERITA POPULER: Kartika Putri Kaget Lihat Perubahan Sikap Kalisa Anak Sulungnya Setelah Punya Adik hingga Manfaat Makan Bawang Putih Goreng Bagi Kesehatan