BERITA POPULER: Benarkah Payudara Ibu Menyusui yang Kecil Tanda Pasokan ASI Sedikit hingga ASI Berperan Besar Terhadap Pencegahan Stunting

By Diah Puspita Ningrum, Jumat, 11 Agustus 2023 | 15:00 WIB
BERITIA POPULER: benarkah payudara kecil pasokan ASI sedikit? (Freepik)

Nakita.id - Berikut sejumlah berita terpopuler yang dirangkum oleh Nakita pada hari Jumat (11//8/2023).

1. Pasang AC Bikin Tagihan Listrik Bengkak? Ini Cara Hemat Listrik Meski Pakai AC

Penggunaan AC di rumah tentu membuat Moms dan keluarga tetap nyaman di dalam rumah. Namun, percaya atau tidak, memakai AC ternyata bikin pengeluaran listrik semakin boros.

Untuk itulah, Moms harus menghemat pengeluaran listrik AC agar tagihan listrik tidak membengkak. Bagaimana caranya? Merangkum dari The Better India via Kompas, berikut ini beberapa tips yang bisa dilakukan.

1. Setel Suhu AC yang Tepat

Moms harus tahu, suhu standar AC adalah 24 derajat Celcius. Studi bahkan menunjukkan bahwa sekitar 6% listrik dihemat untuk setiap derajat kenaikan suhu AC. Semakin rendah suhu AC, semakin lama kompresornya bekerja, meningkatkan tagihan listrik.

Maka dari itu, pastikan Moms membiarkan AC menyala pada suhu standarnya agar dapat menghemat listrik hingga 24%, yakni selisih 4 derajat, dikalikan dengan 6% penghematan listrik.

2. Tetap Jaga Suhu AC pada Suhu Standar

Perlu diingat kembali, suhu standar AC adalah 24 derajat Celcius. Jika Moms tinggal di kota-kota dengan suhu siang hari rata-rata 34 derajat Celcius ke atas, menyetel AC ke 10 derajat lebih rendah sudah merupakan jeda yang bagus.

Selain itu, suhu tubuh manusia rata-rata antara 36-37 derajat, sehingga suhu setiap ruangan di bawahnya pasti sejuk bagi kita, Moms. Hindari menurunkan suhu ruangan ber-AC sampai ke 18 derajat Celcius ya, Moms.

Baca selengkapnya di sini

Baca Juga: BERITA POPULER: Cara Tepat Membuat Kipas Angin Berputar Lebih Cepat hingga Manfaat ASI untuk Mencegah Stunting pada Bayi Menurut BKKBN