Bisa Berbahaya Jika Dibiarkan, Ini 7+ Cara Mencgah Mimisan Saat Kecapekan

By Cynthia Paramitha Trisnanda, Minggu, 20 Agustus 2023 | 19:30 WIB
cara mencegah mimisan saat kecapekan (freepik)

Nakita.id - Mimisan atau epistaksis adalah kondisi yang umum di mana darah mengalir dari rongga hidung.

Kecapekan atau kelelahan yang berlebihan dapat menjadi salah satu faktor pemicu mimisan pada beberapa individu. Mengatasi mimisan akibat kecapekan melibatkan langkah-langkah untuk meredakan kondisi tersebut dan mencegah terjadinya mimisan lebih lanjut.

Berikut adalah panduan mengenai cara mengatasi mimisan karena kecapekan:

1. Beristirahat dan Rileks

Ketika merasa kecapekan, yang terpenting adalah memberikan tubuh istirahat yang cukup. Tidur dan istirahat yang baik dapat membantu memulihkan energi dan mencegah terjadinya kondisi yang lebih serius.

2. Menjaga Kelembapan Udara

Udara yang kering dapat mengiritasi selaput lendir hidung dan meningkatkan risiko mimisan. Gunakan humidifier atau cara alami seperti meletakkan wadah air di dalam kamar untuk menjaga kelembapan udara.

3. Cukup Cairan

Pastikan tubuh Anda terhidrasi dengan baik. Minum cukup air dapat menjaga lendir di dalam hidung tetap lembap, membantu mencegah iritasi, dan mengurangi risiko mimisan.

4. Hindari Pemakaian Produk Hidung yang Mengiritasi

Jika Anda menggunakan produk hidung seperti semprotan hidung atau tisu yang mengandung bahan kimia, pastikan Anda tidak menggunakan produk yang dapat mengiritasi selaput lendir hidung.

Baca Juga: Cara Tepat Mengatasi Anak Mimisan karena Kelelahan, Bisa Jadi Tanda Bahaya!