Waspada Bagi yang Berkegiatan di Luar, BMKG Beri Peringatan Cuaca Ekstrem pada Kamis 31 Agustus 2023

By Aullia Rachma Puteri, Kamis, 31 Agustus 2023 | 09:02 WIB
BMKG beri peringatan cuaca ekstrem pada Kamis 31 Agustus 2023 (Dok. Nakita/David)

Nakita.id - Berikut adalah peringatan dini terkait cuaca hari ini Kamis 31 Agustus 2023.

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memberikan informasi terkait prkiraan cuaca di sejumlah wilayah Indonesia.

Berdasarkan data BMKG, ada sejumlah wilayah yang diperkirakan berpotensi terjadi cuaca ekstrem.

Sebanyak 16 wilayahdiprediksi akan mengalami cuaca ekstrem.

BMKG telah merilis Peringatan Dini cuaca ekstrem untuk sejumlah wilayah, Kamis 31 Agustus 2023.

Berdasarkan peringatan dini BMKG hari ini, ada beberapa wilayah yang berpotensi dilanda cuaca ekstrem hujan lebat disertai petir dan angin kencang.

BMKG mengatakan, daerah pertemuan/perlambatan Kecepatan Angin (konvergensi) terpantau memanjang dari Kep. Mentawai hingga Selat Malaka, dari Selat Malaka hingga Perairan timur Semenanjung Malaysia, dari Kalimantan Tengah hingga Laut Sulu, dari Maluku hingga Maluku Utara, dan dari Papua Nugini hingga Perairan utara Papua Barat.

Daerah pertemuan angin (konfluensi) terpantau di Laut China Selatan timur Vietnam.

Kondisi tersebut mampu meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di sepanjang daerah konvergensi/ konfluensi tersebut.

Intrusi udara kering/dry intrusion dari Belahan Bumi Selatan (BBS) melintasi wilayah Australia bagian utara, Laut Arafura, Papua bagian selatan, Maluku, sebagian Sulawesi Tenggara dan NTB, serta NTT.

Kondisi ini mampu mengangkat massa udara di depan intrusi menjadi lebih hangat dan lembab yaitu di Sulawesi bagian selatan, Maluku, dan Papua bagian utara.

Baca Juga: BMKG Beri Peringatan Cuaca Ekstrem, Rabu 30 Agutsus 2023 Indonesia Diprediksi Mengalami Hujan Lebat Disertai Angin Kencang dan Petir