Rincian Biaya Balik Nama Kendaraan dan Cara Pembayarannya di Samsat

By Aullia Rachma Puteri, Senin, 4 September 2023 | 17:30 WIB
Biaya balik nama kendaraan (Freepik.com/Kireyonok_Yuliya)

Nakita.id - Berikut adalah rincian biaya balik nama kendaraan dan cara pembayarannya.

Baik motor maupun mobil, semua ada biayanya jika Dads ingin balik nama atas nama sendiri. Memang biayanya lumayan mahal, tapi ini hanya sekali seumur hidup.

Dads tentu akan memilih untuk segera balik nama kendaraan. Pasalnya, akan ada pajak tahunan yang harus menggunakan KTP pemilik.

Kalau belum balik nama, Dads akan terus mencari pemilik kendaraan yang lama untuk meminjam KTP.

Namun, satu hal lagi yang harus Dads ketahui, balik nama kendaraan ini biasanya memerlukan waktu yang tidak singkat, makanya banyak yang memakai jasa calo.

Padahal, Dads bisa lo balik nama kendaraan tanpa calo. Bahkan, biaya balik nama kendaraan tanpa calo lebih murah. Wah, berapa ya?

Biaya Balik Nama Kendaraan

1. Motor

Penting untuk menyiapkan biaya balik nama dan juga semua syarat balik nama motor ini dengan baik, agar proses balik nama bisa berjalan dengan lancar.

Besaran biaya balik nama motor ini bisa saja berbeda antara satu daerah dengan daerah lainnya, tergantung pada kebijakan pajak yang berlaku di daerah tersebut.

Bukan hanya itu saja, jumlah biaya balik nama motor ini juga akan dipengaruhi oleh jenis motor itu sendiri.

Berdasarkan informasi yang terdapat di dalam situs bprd.jakarta.go.id, maka besaran biaya balik nama motor diterapkan sesuai dengan Peraturan Daerah Nomor 9 Tahun 2010 dan PP Nomor 76 Tahun 2020 tentang Jenis dan Tarif Atas Jenis Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP), yakni seperti berikut ini:

- Biaya administrasi = Rp 35.000,-

Baca Juga: Berapa Biaya Balik Nama Mobil? Ini Penjelasan Serta Syarat yang Dibutuhkan