Mengidentifikasi Tajwid dalam Surat Ar-Rahman Ayat 33 serta Isi dan Kandungan Ayatnya, Rangkuman Materi PAI Kelas XI Kurikulum Merdeka

By Aullia Rachma Puteri, Rabu, 20 September 2023 | 14:30 WIB
Tajwid Surat Ar-Rahman Ayat 33 lengkap dengan isi dan kandungan ayatnya, materi PAI kelas XI SMA Kurikulum Merdeka (Freepik.com)

Nakita.id - Mengetahui hukum tajwid Surat Ar-Rahman ayat 33 sangat penting agar tidak salah dalam membaca Al-Quran.

Sebab, kesalahan dalam melafalkan ayat bisa mengubah makna dan artinya.

Karena itu, sangat penting mengetahui ilmu tajwid agar bisa membaca Alquran sesuai dengan kaidah-kaidah makhraj dan panjang pendeknya bacaan.

Pada materi PAI kelas XI Kurikulum Merdeka, peserta didik wajib tahu tajwid surat Ar-Rahman Ayat 3 lengkap dengan penjelasan dan isi kandungan ayatnya, yang dapat kita jadikan sebagai renungan untuk meningkatkan keimanan kepada Allah SWT.

Surat Ar Rahman ayat 33

يٰمَعْشَرَ الْجِنِّ وَالْاِنْسِ اِنِ اسْتَطَعْتُمْ اَنْ تَنْفُذُوْا مِنْ اَقْطَارِ السَّمٰوٰتِ وَالْاَرْضِ فَانْفُذُوْاۗ لَا تَنْفُذُوْنَ اِلَّا بِسُلْطٰنٍۚ ٣٣

Artinya: Wahai segenap jin dan manusia, jika kamu sanggup menembus (melintasi) penjuru langit dan bumi, tembuslah. Kamu tidak akan mampu menembusnya, kecuali dengan kekuatan (dari Allah). (QS. Ar Rahman: 33)

Dilansir dari Tafsir Tahlili Qur'an Kemenag, Ayat ini menyeru jin dan manusia jika mereka sanggup menembus, melintasi penjuru langit dan bumi karena takut akan siksaan dan hukuman Allah, mereka boleh mencoba melakukannya, mereka tidak akan dapat berbuat demikian.

Mereka tidak mempunyai kekuatan sedikit pun dalam menghadapi kekuatan Allah SWT Menurut sebagian ahli tafsir, pengertian sulthan pada ayat ini adalah ilmu pengetahuan.

Hal ini menunjukkan bahwa dengan ilmu manusia dapat menembus ruang angkasa.

Hukum Tajwid Surat Ar Rahman Ayat 33

1. يٰمَعْشَرَ : hukum tajwidnya Mad Thabii, karena huruf Ya berharakat fathah tegak. Cara membacanya dipanjangkan 2 harakat atau 1 Alif. 

2. الْجِنِّ : Terdapat Hukum tajwid Alif lam Qomariyah atau Idzhar Qomariyah dan Ghunnah. Dihukumi Idzhar Qomariyah karena ada huruf lam bertemu Jim. Cara membacanya huruf Lam dibaca jelas. Sedangkan Ghunnah karena huruf Nun bertasydid. Cara membacanya dengan dengung dan ditahan.

Baca Juga: Isi dan Kandungan Ayat Surat Ali Imran Ayat 190-191, Materi Agama Islam Kelas XI Kurikulum Merdeka