Cara Mencegah Penyebaran Virus, Materi Bab 2 IPA Kelas X SMA Kurikulum Merdeka

By Ratnaningtyas Winahyu, Senin, 25 September 2023 | 08:37 WIB
Cara mencegah penyebaran virus, materi IPA kelas X SMA Kurikulum Merdeka (Freepik.com)

Nakita.id – Saat ini, mata pelajaran IPA kelas X SMA Kurikulum Merdeka masih membahas bab 2 tentang virus dan peranannya.

Pada artikel Kurikulum Merdeka sebelumnya, kita telah mempelajari tentang peranan virus dalam kehidupan.

Kini, kita akan lanjut ke materi berikutnya, yaitu cara mencegah penyebaran virus.

Cara mencegah penyebaran virus

Setiap virus menyebar dengan cara tertentu.

Virus Dengue yang menyebabkan demam berdarah menyebar dengan perantara nyamuk Aedes aegypti, virus varicella zoster yang menyebabkan cacar menyebar melalui sentuhan dengan penderita, percikan cairan tubuh penderita atau sentuhan terhadap benda yang sebelumnya disentuh oleh penderita, sedangkan HIV menyebar melalui injeksi langsung ke aliran darah, kontak membran mukosa atau jaringan yang terluka dengan cairan tubuh tertentu (darah, ASI, semen) penderita.

Khusus untuk virus corona yang melanda dunia beberapa waktu lalu, virus menyebar melalui droplet yang dikeluarkan oleh penderita melalui bersin, batuk atau saat pederita berbicara.

Penyebarannya sangat cepat dan mudah terjadi tanpa disadari oleh pembawanya.

Dalam buku IPA kelas X SMA/MA/SMK/MAK Kurikulum Merdeka, dijelaskan bahwa ada beberapa cara yang dapat dilakukan dalam mengurangi penyebaran virus corona ini.

Cara pertama yaitu tindakan yang bersifat fisik.

Virus corona menyebar melalui droplet penderita yang akan jatuh beberapa meter dari penderita, sehingga disarankan agar terdapat jarak kurang lebih 2 meter ketika berinteraksi dengan seseorang.

Virus ini masuk melalui saluran pernafasan atau mulut, sehingga untuk mengurangi kesempatan tersebut disarankan menggunakan masker yang menutupi area hidung hingga dagu.

Baca Juga: Lengkap dengan Pembahasan, Ini Jawaban Soal Ayo Berlatih Halaman 43 tentang Peranan Virus IPA Kelas X SMA Kurikulum Merdeka